kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,77   2,75   0.29%
  • EMAS930.000 -0,85%
  • RD.SAHAM 0.64%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Ekspansi jaringan online dan offline, Dailybox Group akuisisi brand roti Breadlife


Jumat, 03 Desember 2021 / 19:00 WIB
Ekspansi jaringan online dan offline, Dailybox Group akuisisi brand roti Breadlife
ILUSTRASI. Peresmian akuisisi brand roti Breadlife oleh Dailybox Group.

Reporter: Vina Elvira | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Start-up restoran online multi-brand Dailybox Group, resmi mengakuisisi brand roti Breadlife sebagai brand keempat dalam portfolio mereka. Dengan akuisisi ini, Breadlife akan memperluas jangkauannya ke seluruh Indonesia lewat optimalisasi kolaborasi omnichannel.

Strategi omnichannel ini menggabungkan strategi ekspansi toko online dan offline, sinergi sumber daya, serta inovasi digital. 

"Kami targetkan by the end of the year seluruh 160 outlet (termasuk Breadlife) itu sudah ada outletnya di seluruh Indonesia," ungkap Head of Strategy and Growth, Dailybox Group, Miranda Haryanto dalam media gathering di Jakarta, Jumat (3/12). 

Ia mengatakan, dengan akuisisi ini memungkinkan Breadlife untuk memperluas jangkauannya menggunakan resources Dailybox Group yang berada di 120 titik. Sebaliknya, Dailybox juga kini dapat menambah jaringan dengan memanfaatkan resources Breadlife yang terkonsentrasi di luar pulau Jawa. 

"Breadlife juga tersebar di seluruh Indonesia, tidak terpusat di pulau Jawa saja. Jadi sangat in line dengan brand Dailybox yang ingin ada di seluruh Indonesia. Jadi, sama satu misi dengan Dailybox ke depannya," kata Miranda. 

Baca Juga: Gandeng Erajaya Food Nourishment, bakery Paris Baguette Korsel resmi masuk Indonesia

Miranda sendiri belum bisa bicara lebih detail terkati nilai akuisisi tersebut. Yang terang, dia menyebut, kini brand Breadlife sudah resmi menjadi milik Dailybox. 

Akuisisi Dailybox ke salah satu brand roti asal Indonesia ini bukan tanpa alasan. Pihaknya melihat bahwa pangsa pasar roti di Indonesia terus mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Sehingga industri ini memiliki potensi yang cukup besar untuk bertumbuh. 

"Selain itu, ada permintaan dari DailyPeople agar Dailybox Group menghadirkan varian roti untuk melengkapi menu nasi dan lauk pauk yang sekarang kami tawarkan," sebut dia. 

Miranda menyebutkan, berdasarkan data Dailybox, saat ini konsumsi gandum per kapita untuk roti di Indonesia mencapai 4,7 kg per tahun. Angka ini diperkirakan akan meningkat menjadi 6,6 kg per tahun pada tahun 2030. 

Penjualan roti di Indonesia pada tahun 2021 juga tercatat yang tertinggi di Asia Tenggara, yakni mencapai US$ 18,7 miliar. 

Tak hanya itu, alasan lain yang membuat Dailybox memilih Breadlife, adalah karena brand roti ini sudah cukup terkemuka di Indonesia, dan memiliki brand awareness yang kuat serta tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi. Dengan begitu, bergabungnya Breadlife bisa melengkapi lini produk Dailybox yang telah ada sebelumnya yakni, Dailybox, Dailymeals, dan Shirato. 

Pasca diakuisisinya brand Breadlife oleh Dailybox, para pelanggan dapat melakukan pemesanan produk Breadlife lewat platform pesan antar makanan online. Sedangkan sebelumnya, pelanggan hanya bisa membeli produk dengan cara mengunjungi outlet Breadlife yang berada di mal dan outlet stand-alone. 

Miranda menambahkan bahwa kini produk Breadlife sudah diproduksi di central kitchen Dailybox, yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan menjaga konsistensi dari kualitas produk. 

Terkait dengan pengetatan kembali Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan adanya isu varian korona, Miranda yakin dengan strategi yang telah dijalankan selama ini, Dailybox bisa tetap bertumbuh meskipun fluktuasi kondisi pandemi masih terus berlangsung.

"Kalau bagi seluruh pelaku bisnis tentu ada kekhawatiran. Tapi kami cukup yakin dengan strategi yang kami gunakan dan sebelumnya itu berhasil. Pati kami bisa tetap growth lagi walaupun ada varian-varian baru," imbuhnya.  

Baca Juga: Dailybox raih pendanaan seri A dari Vertex Ventures SEA dan Kinesys Group

Selanjutnya: 6 Buah penurun kolesterol ini wajib Anda coba, apa saja?

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Penyusunan Business Plan yang efektif Strategic B2B Selling in Challenging Time

[X]
×