kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Ekspor sepatu olahraga punya prospek cerah tiap tahunnya


Senin, 26 Agustus 2019 / 19:33 WIB

Ekspor sepatu olahraga punya prospek cerah tiap tahunnya


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri sepatu tanah air terus menggenjot peluang ekspor. Meski persaingan di tingkat global semakin ketat, namun kualitas produksi sepatu lokal tetap terjaga.

Direktur Eksekutif Asosiasi Produsen Sepatu Indonesia (Aprisindo) Firman Bakri menuturkan, saat ini posisi ekspor Indonesia berada di urutan ketiga setelah China dan Vietnam. Namun kompetisi mulai menguat di mana negara seperti Kamboja mulai menguat ekspornya.

"Ekspor sepatu Indonesia (2018 kemarin) sekitar US$ 5,1 miliar, sementara Kamboja sudah mendekati US$ 4 miliar," sebutnya kepada Kontan.co.id, Senin (26/8).

Baca Juga: Outfit miliaran selebritis negeri ini, berapa penghasilan mereka?

Oleh karena itu, Firman berharap industri ini dapat didorong dengan regulasi yang meningkatkan competitiveness-nya.

Pasar ekspor terbilang empuk meski dari segi volume tidak sebesar permintaan di tingkat lokal, namun secara value produk yang di ekspor jauh lebih tinggi dibandingkan penjualan di domestik.

Firman mengaku tidak mempunyai detail pasti volume penjualan sepatu lokal, namun diperkirakan peningkatannya seiring pertumbuhan populasi masyarakat di Indonesia.

Baca Juga: Inilah merek sneakers lokal yang jadi buruan milenial

Untuk sepatu olahraga alias sneakers, trend nya cenderung meningkat disebabkan oleh penggunaannya yang tak mengenal batas dan tempat.


Reporter: Agung Hidayat

Video Pilihan


Close [X]
×