kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,98   13,67   1.50%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ELSA dapat klien untuk jasa kapal seismik


Sabtu, 08 Oktober 2016 / 19:45 WIB
ELSA dapat klien untuk jasa kapal seismik


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. PT Elnusa Tbk (ELSA) sudah membeli satu kapal seismik berukuran jumbo. Saat ini perusahaan ini juga mengklaim sudah dapat potensial klien untuk memakai kapal tersebut dalam pencarian minyak dan gas di lepas pantai.

Asal tahu saja, pada 2011,  ELSA sudah pernah berbisnis kapal seismik dengan membentuk usaha patungan bernama PT Elnusa CGGVeritas Seismic (ECS). Namun, pada 2013, ELSA menyatakan ingin melego 51% saham ECS yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Fajriyah Usman, Sekretaris Perusahaan ELSA mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan pengoperasian kapal seismik yang juga akan memiliki kemampuan untuk melakukan survei geologi dan geofisika, survei lingkungan dan perikanan.

Pengoperasian kapal tersebut akan menggunakan 10 streamer yang ditarik pada buritan kapal seismik. Kapal ini diharapkan siap beroperasi pada akhir kuartal IV tahun ini. Dengan beroperasinya kapal ini pendapatan ELSA pada tahun depan diprediksi akan meningkat 40%.

"Kapal seismik masih dipersiapkan di Batam lagi drydock, soalnya kan ada peralatan-peralatan yang mesti diinvestasikan juga. Kan itu kapal dari luar negeri, kami sudah ubah berbendera Indonesia dan minggu depan baru mau sea trial," lanjutnya ke KONTAN, Jumat (7/10).

Saat ini, memang kapal seismik masih tahap persiapan sembari menunggu kontrak yang tengah dilakukan penjajakan. Ia mengatakan, tentunya kondisi kapal harus prima sebelum melakukan pekerjaan, yang jelas pada akhir tahun dirinya meyakini kapal seismik akan bisa beroperasi.

Kapal tersebut diklaim bisa melihat kedalaman hingga 10 km, dan merupakan kapal seismik terbesar dan termodern yang beroperasi di Indonesia. Selain itu, di bisnis perawatan operasional atawa operation maintenance ELSA juga masih rajin mengkuti tender−tender besar, sembari melakukan berbagai efisiensi untuk menjaga margin laba.

Sri Purwanto, Head Of Corporate Communications ELSA menambahkan, dengan ada penambahan kapal seismik tentunya aset ELSA di sektor jasa migas semakin lengkap, sebab sebelumnya perusahaan sudah memiliki delapan kapal jenis barge berbagai tipe.

Sri optimistis saat ini ada proyek potensial yang bisa digarap oleh kapal seismik terbaru. Namun dirinya enggan memberikan informasi siapa saja klien yang akan menggunakan jasa kapal seismik itu dan investasi membeli kapal tersebut. "Lebih dari dua," ungkap dia.

Namun yang jelas tahun depan jasa seismik bakal lebih menggeliatkan bisnis PT Elnusa Tbk dan memperkuat bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×