kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Empat pembangkit PJB meraih penghargaan Subroto Award


Sabtu, 28 September 2019 / 09:56 WIB

Empat pembangkit PJB meraih penghargaan Subroto Award
Pembangkit PLN mendapat penghargaan Subroto Award

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Sebagai bagian dari peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-74,  Subroto Award Tahun 2019 ini digelar di Djakarta Theater, Jum'at (27/9). Penghargaan ini menjadi yang tertinggi yang diberikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), sebagai apresiasi kepada para stakeholder dalam kontribusinya mendukung program sektor ESDM.

Ada lima kategori yang diberikan dalam penghargaan tersebut. Yakni meliputi; Wartawan Energi, Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) dan Efisiensi Energi, Keselamatan Minyak dan Gas Bumi, Pengelolaan Pertambangan Mineral dan Batubara, serta Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lindungan Lingkungan Panas Bumi.

Baca Juga: PLN normalkan sistem kelistrikan pasca gempa 6,8 SR di Ambon

Dalam gelaran tersebut, PT Pembangkitan Jawa-Bali (PT PJB) meraih tiga penghargaan untuk Bidang Keselamatan Ketenagalistrikan pada Kategori PLTU/GU dan satu penghargaan Bidang Efisiensi Energi.

Di bidang K2, penghargaan diperoleh PLTU Paiton 1 & 2, PLTGU Muara Tawar dan PLTU Ropa. Penghargaan bidang K2 ini sendiri diberikan kepada badan usaha ketenagalistrikan atas pemenuhan standarisasi peralatan dan pemanfaatan tenaga listrik, pengamanan instalasi tenaga listrik, serta pengamanan pemanfaatan tenaga listrik. Hal ini menjadi bukti keandalan dan implementasi nilai-nilai tersebut di PT PJB.

Sementara pada Bidang Efisiensi Energi, UP Brantas berhasil meraih juara untuk sub kategori Inovasi Khusus pada Manajemen Energi di Industri pada kategori Manajemen Energi pada Industri dan Bangunan Gedung.

Tahun ini Penghargaan langsung diberikan oleh Menteri ESDM Ignatius Jonan didampingi oleh Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar kepada Manajer Keuangan dan Administrasi Unit Pembangkitan Paiton Sugiyanto, General Manager Unit Pembangkitan Muara Tawar Lavi Rumandioko, Manajer Unit Jasa Luar Jawa PLTU Ropa Nurronny dan General Manajer Unit Pembangkitan Brantas Wasito.

Baca Juga: Listrik telah dorong pertumbuhan ekonomi di Natuna

“Pencapaian PJB memperoleh empat penghargaan yang diraih oleh UP Paiton, UP Muara Tawar, UBJOM Luar Jawa Ropa, dan UP Brantas dalam Penghargaan Subroto dalam gelarannya yang ketiga tahun 2019 ini adalah sebagai bukti komitmen PJB untuk senantiasa concern dalam aspek keselamatan ketenagalistrikan, serta terus berinovasi di bidang manajemen energi” kata Direktur Utama PT PJB, Iwan Agung Firstantara dalam siaran pers hari ini.

Penghargaan Subroto merupakan  penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kepada para stakeholder yang memiliki prestasi luar biasa dalam memajukan sektor ESDM. Tahun 2019 merupakan tahun ketiga penyelenggaraan penghargaan yang diambil dari nama  Prof Subroto selaku Menteri Pertambangan dan Energi Periode 1978-1988 itu.


Reporter: Azis Husaini
Editor: Azis Husaini

Video Pilihan


Close [X]
×