Reporter: Maria Rosita | Editor: Edy Can
JAKARTA. ESPN Star Sport (ESS) kembali meluncurkan produk baru di Indonesia. Setelah meluncurkan ESPN Indonesia pada Agustus lalu, penyedia konten tayangan olahraga ini akan mengembangkan ESPN Player dan mobileESPN tahun depan.
ESS sudah menyiapkan 5 juta tayangan olahraga yang bisa diputar lewas ESPN Player. Selain itu, ESS juga menyiapkan mobileESPN untuk pengguna ponsel android dan Apple.
Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Penjualan ESS Asia Tenggara Adam Zecha menjelaskan, pengembangan produk ini lantaran tayangan olahraga masih menjadi unggulan bagi pelanggaran televisi berbayar di Indonesia. "Tayangan sports harus live, kalau diulang beda sensasinya, eda dengan film yang bisa diulang-ulang," kata Zecha dalam wawancara khusus, kemarin.
Selain itu, dia memprediksikan, industri televisi berbayar di Indonesia berpotensi tumbuh pesat dalam beberapa tahun mendatang. Data menunjukkan pemilik televisi Indonesia berjumlah sekitar 33 juta. Dari jumlah itu, konsumen televisi berbayar baru sekitar 3%.
Zecha memprediksi tahun depan penetrasi pengguna tv berbayar antara 5%-10%. Sekadar perbandingan di Hong Kong dan Singapura, penetrasi pengguna televisi berbayar mencapai 60%. Sementara di Malaysia, Thailand dan Filipina masing-masing sebesar 55%, 8%, dan 16%. Dengan penduduk Indonesia yang besar, dia mengatakan terbuka peluang menggarap pasar.
Menurut Zecha, saat ini perusahaannya memiliki 300 juta pelanggan dengan Indonesia masuk 5 besar di Asia Tenggara. Tahun depan dia menargetkan penonton naik 10%-15% di Asia Tenggara.
Sekretaris Perusahaan MNC Arya Mahendra Sinulingga mengakui pembelian konten siaran olah raga ikut menaikkan rating. Dia mengakui konten olahraga mendominasi di luar jenis tayangan lain seperti film dan drama. MNC merupakan pengelola televisi berbayar Indovision yang menayangkan siaran olahraga.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News