kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ExxonMobil siap optimalkan produksi Blok Cepu


Kamis, 04 Februari 2021 / 16:53 WIB
ExxonMobil siap optimalkan produksi Blok Cepu
ILUSTRASI. Logo Exxon Mobil . REUTERS/Sergio Moraes/File Photo


Reporter: Filemon Agung | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT ExxonMobil Cepu Limited memastikan bakal terus berupaya mengoptimalkan produksi Blok Cepu kendati dibayangi potensi laju penurunan alamiah.

Vice President Public and Government Affairs ExxonMobil Indonesia Azi N Alam bilang Lapangan Banyu Urip merupakan sumber daya produktif kelas dunia. Ia menjelaskan, berdasarkan hasil kajian teknis yang dilakukan tercatat terjadi dua kali lipat peningkatan recoverable reserve Banyu Urip.

"Dua kali lipat dari POD awal sebesar 450 juta barel minyak (MMBO), menjadi 940 MMBO. Awal tahun ini, Banyu Urip telah melampaui komitmen POD awal-nya dengan telah memproduksikan lebih dari 450 MMBO sejak start-up di bulan Januari 2016," ujar Azi dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Kamis (3/2).

Baca Juga: PHM dan Apexindo (APEX) menandatangani kontrak rig senilai US$ 68 juta

Azi menambahkan, capaian tersebut merupakan hasil dari operasi yang aman dan pengelolaan reservoir yang penuh kehati-hatian.

Selain itu, merujuk pada POD Banyu Urip sejatinya produksi untuk kurun dua tahun diperkirakan  sebesar 165 ribu barel per hari (bph). Namun dalam praktiknya, Banyu Urip mampu mencapai puncak produksi hingga 225 ribu bph selama 5 tahun.

"Dengan kata lain, laju produksi telah meningkat sebesar 30 persen dari POD awal, dan puncak produksi 3 tahun lebih lama dari perkiraan semula," sambung Azi.

Azi menerangkan, kendati mencapai puncak produksi namun produksi Lapangan Banyu Urip memang diperkirakan bakal mengalami penurunan. menurutnya, hal ini dikarenakan karakteristik alami reservoir yang juga berlaku umum di seluruh dunia.

Baca Juga: AESI berharap badan khusus pengelola EBT segera dibentuk

Meski diproyeksikan bakal menurun, Azi menegaskan upaya mengoptimalkan produksi masih akan terus dilakukan. Selain itu pihaknya juga berkomitmen mempertahankan kinerja keselamatan dan keandalan operasi yang hemat biaya.

Sebelumnya, data Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menunjukkan proyeksi penurunan produksi minyak Blok Cepu secara bertahap mulai tahun depan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×