Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masuknya Facebook dan Paypal sebagai investor baru PT Aplikasi Anak Bangsa melalui penggalangan dana putaran terbaru perusahaan pemilik merek Gojek itu dianggap sebagai angin segar untuk iklim investasi dan ekonomi Indonesia.
Investasi kedua perusahaan teknologi paling inovatif di dunia menjadi bukti kepercayaan investor asing tidak hanya pada masa depan Gojek sendiri di Indonesia dan Asia Tenggara namun juga bagi perkembangan ekonomi Indonesia secara umum.
Baca Juga: Horee! Aplikasi GoRide dan GrabBike sudah muncul lagi
Pendiri Rumah Perubahan yang kini juga mengembangkan Mahir Academy Rhenald Kasali mengatakan, masuknya Facebook dan Paypal sebagai investor di Gojek merupakan suatu hal yang menarik dan diyakini akan memberikan warna tersendiri dan berdampak positif bagi iklim investasi dan ekosistem bisnis di Indonesia.
“Biasanya (pergerakan investor) itu dari regional ke regional, jadi misalnya sesama Asia. Tapi ini dari Barat ke Indonesia, sehingga membuktikan prospek ekonomi Indonesia ini masih positif meski terjadi penurunan. Selain itu, ini membuktikan jika dana-dana yang dipompa oleh venture capital itu masih ada dan cukup memadai untuk membiayai startup di Indonesia,” kata dia Senin (8/6)
Ia bahkan menyampaikan harapannya jika investasi kedua perusahaan teknologi besar itu akan mampu menggerakkan investor-investor dalam negeri yang selama ini menanamkan uangnya di luar negeri untuk mengalihkan investasinya ke sektor-sektor yang selama ini disebut ‘future’ tersebut.
“Usaha yang digeluti saat ini itu akan mengalami declining. Sementara sektor ini justru menjanjikan dampak jangka panjang,” lanjutnya.
Rhenald juga menyoroti peluang besar yang diciptakan dari masuknya kedua investor baru Gojek tersebut terhadap perkembangan UMKM dan industri pembayaran digital Indonesia.
Hal ini dilihat dia karena pengguna Facebook maupun Whatsap yang cukup besar di Indonesia sehingga dengan sendirinya akan menciptakan akses yang besar bagi UMKM untuk memanfaatkan teknologi mereka untuk memasarkan produknya. Didukung dengan sistem pembayaran digital yang memadai, dia meyakini hal itu akan melahirkan suatu kekuatan besar.
“Dari yang saya baca, keinginan dari Whatsap dan Facebook adalah menjadikan Gojek sebagai vehicle di Asia Tenggara. Hal ini mengingat Gojek sudah berhasil masuk di sejumlah negara Asia Tenggara, seperti Vietnam, Malaysia. Ke depan, sinergi ini akan semakin menggiring UMKM untuk lebih kencang memasarkan produknya dan tentunya untuk menggarap peluang lain di luar makanan dan minuman,” paparnya.
Baca Juga: WhatsApp Pay segera hadir di Indonesia? Tanda-tandanya semakin benderang
Selain itu, dengan dukungan dana yang cukup besar ini, Rhenald juga melihat Gojek akan berpeluang untuk memberikan banyak promo menarik bagi UMKM maupun konsumen yang tentunya sangat diharapkan untuk menggulirkan kembali roda ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19 ini..
Sebelumnya, Ekonom Indef Bhima Yudhistira Adhinegara menilai bahwa kedua investor kakap itu tentunya melihat peluang yang semakin menarik di industri berbasis digital di Indonesia. Namun dia mengingatkan jika investasi ini sejatinya dibutuhkan untuk menjaga cash flow sekaligus mendanai ekspansi pengembangan bisnis baru perusahaan, terutama terkait dengan pengembangan ekosistemnya.
“Menurut data Kemenkop UKM, UMKM yang memanfaatkan platform digital itu baru 13%. Ini artinya ekspansi bisnis Gojek diharapkan bisa mendorong lebih banyak UMKM yang terhubung ke platform digital. Makin melek digital, makin besar peluang UMKM untuk berkompetisi di era post-Covid-19,” pungkas dia
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News