Reporter: Amalia Fitri, Andy Dwijayanto, Harry Muthahhari | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Inilah yang ditunggu-tunggu para penggila belanja alias shopaholic. Pesta diskon tahunan bertajuk Festival Jakarta Great Sale (FJGS) digelar kembali mulai 25 Mei-23 Juni 2019.
Obral diskon gede-gedean kali ini melibatkan 82 pusat perbelanjaan atau mal, 34 pasar milik Pasar Jaya, serta empat hotel. Secara umum, potongan harga yang diberikan rata-rata 50%. Khusus, saat midnight sale, diskon bisa mencapai 70%, coy.
Hajatan ini dibuat untuk merayakan hari jadi Kota Jakarta. "Target transaksi Rp 9,5 triliun. Jumlah itu jauh lebih tinggi ketimbang target FJGS 2018 yang hanya Rp 4 triliun," kata Ellen Hidayat, Ketua Pelaksana FJGS 2019 kepada Kontan.co.id, Jumat (24/5).
Biasanya, FJGS mampu mengerek jumlah kunjungan ke pusat belanja. "Tingkat kunjungan ditargetkan naik 30%-40%, secara rata-rata. Namun, realisasi kenaikan di beberapa pusat belanja besar bisa sampai 80%, imbuh Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia DPD DKI Jakarta itu.
Lihat saja, Senayan City membidik target transaksi penjualan tumbuh 30% selama FJGS. Leonardo, CRM & Media Communications Manager Senayan City bilang, pihaknya telah menyiapkan beragam program belanja. "Ada Sacred Ramadhan Midnight Shopping dengan diskon hingga 80% dari 300 penyewa," kata dia promosi.
Gerai Manzone sudah mendongkrak produksi 20% untuk mengantisipasi lonjakan permintaan selama FJGS, selain menawarkan beberapa promo menarik. "Beberapa promo ada di Manzone, seperti pay 1 for 2," kata Direktur Utama PT Mega Perintis (ZONE) Afat Adinata.
Peritel lainnya, PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) juga mengincar tambahan penjualan dari FJGS dan Jakarta Fair untuk mengejar target Rp 3,2 triliun selama periode Mei-Juni 2019. "Kontribusi Jakarta Fair itu biasanya sampai Rp 10 miliar. FJGS tidak banyak, tapi kami ikut berpartisipasi," terang Suryanto, Direktur Keuangan RALS.
Setali tiga uang, Dinia Widodo, Public Relations Manager PT Grand Indonesia berharap meraup cuan dari momentum FJGS, meski tak mematok target transaksi. "FJGS ada di masa high season, karena mendekati Lebaran," ujarnya.
Kendati tak jadi seponsor, Ellen mengatakan uang digital, seperti Gopay, Ovo, LinkAja, hingga Dana, bisa menjadi alternatif pembayaran belanja untuk menggaet konsumen milenial. Selain tentu saja, gesekan kartu kredit dan debit bank
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News