kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.095.000   7.000   0,34%
  • USD/IDR 16.417   -75,00   -0,45%
  • IDX 7.854   106,16   1,37%
  • KOMPAS100 1.101   16,96   1,56%
  • LQ45 805   9,90   1,25%
  • ISSI 268   3,89   1,47%
  • IDX30 417   5,18   1,26%
  • IDXHIDIV20 484   5,68   1,19%
  • IDX80 122   1,41   1,17%
  • IDXV30 133   1,64   1,25%
  • IDXQ30 135   1,48   1,11%

Film Nasional Jadi Penggerak, 65% Penonton Cinema XXI Pilih Karya Anak Bangsa


Senin, 28 Juli 2025 / 17:47 WIB
Diperbarui Senin, 28 Juli 2025 / 17:47 WIB
Film Nasional Jadi Penggerak, 65% Penonton Cinema XXI Pilih Karya Anak Bangsa
ILUSTRASI. PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (Cinema XXI, kode saham: CNMA) menghadirkan bioskop terbaru Agora Mall XXI yang dilengkapi teknologi IMAX® with Laser di pusat perbelanjaan yang berlokasi strategis di Jl. MH Thamrin No. 10 Jakarta Pusat, yakni Agora Mall.


Reporter: Shintia Rahma Islamiati | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren positif film Indonesia kembali terbukti di semester I-2025. Direktur Utama Cinema XXI, Suryo Suherman mencatat jumlah penonton mencapai 42,5 juta orang pada semester I-2025 dan 65% di antaranya menyaksikan film produksi nasional.

Salah satu pendorong utama adalah film “Jumbo”, yang memecahkan rekor sebagai film Indonesia terlaris sepanjang masa dengan lebih dari 10 juta penonton.

Dua film nasional lainnya yang mencetak angka tinggi adalah Pabrik Gula (4,7 juta penonton) dan Petaka Gunung Gede (3,2 juta penonton). 

Baca Juga: Cinema XXI (CNMA) Raih Kinerja Apik pada Semester I, Ini Faktor Pendorongnya

“Kami bangga menjadi bagian dari ekosistem yang mendukung kemajuan film Indonesia,” ujar Suryo dalam keterangan resmi, Senin (28/7/2025).

Sebagai jaringan bioskop terbesar di Indonesia dengan 259 bioskop dan 1.360 layar di 66 kota/kabupaten, Cinema XXI memainkan peran penting dalam mendistribusikan film nasional ke berbagai penjuru negeri.

Tak hanya menjadi wadah pemutaran, Cinema XXI juga terus meningkatkan pengalaman menonton untuk menjaga loyalitas penonton. 

Baca Juga: Cinema XXI (CNMA) Cetak Rekor Jumlah Penonton Usai Tembus 14 Juta di April 2025

Suryo mengatakan pada semester I-2025 ini terjadi peningkatan penjualan produk makanan. Hal itu dilihat dari rata-rata spend per head (SPH) untuk makanan dan minuman naik menjadi Rp 25 ribuan, dibanding Rp 23 ribuan pada Semester I 2024. 

“Peningkatan SPH ini menjadi indikator penting bahwa minat penonton terhadap produk F&B kami terus tumbuh secara sehat,” jelas Suryo. 

Dengan pencapaian ini, Cinema XXI menunjukkan bahwa industri film nasional tak hanya hidup, tetapi terus berkembang bersama dukungan kuat dari pelaku industri dan penonton lokal.

Baca Juga: Pendapatan dan Laba Bersih Cinema XXI (CNMA) Turun di Semester I-2025

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Business Contract Drafting GenAI Use Cases and Technology Investment | Real-World Applications in Healthcare, FMCG, Retail, and Finance

[X]
×