kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fitch pertahankan peringkat investment grade, ini kata Pertamina


Senin, 05 Oktober 2020 / 16:33 WIB
Fitch pertahankan peringkat investment grade, ini kata Pertamina
ILUSTRASI. Pertamina16. REUTERS/Darren Whiteside/File Photo


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga pemeringkat dunia, Fitch, mempertahankan peringkat Investment Grade atau BBB dengan prospek stabil untuk PT Pertamina (Persero). 

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, peringkat Pertamina pada tahun ini sama dengan peringkat Indonesia yaitu BBB/Stabil. Kata dia, Pertamina merupakan bagian penting Pemerintah yang berperan dalam menyediakan energi dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

"Penilaian Fitch Rating dengan tingkat Invesment Grade juga menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan Pertamina dalam kategori wajar,” ujar Fajriyah dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Senin (5/10).

Baca Juga: Ratu Prabu (ARTI) bisa kantongi laba meski pendapatannya anjlok di semester I

Menurutnya, capaian ini cukup melegakan, mengingat pada saat yang sama, Fitch Ratings menurunkan peringkat utang berdaulat (sovereign credit rating) terhadap 33 entitas termasuk negara di sepanjang semester I-2020. Fitch juga menurunkan prospek kredit atas 40 negara atau entitas berdaulat menjadi "negatif".

Apalagi, pemangkasan dan penurunan prospek pemeringkatan negara dan entitas masih akan terus berlanjut di tengah pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih belum menunjukkan tanda-tanda melandai. 

Sebagai BUMN, sambung Fajriyah, dalam mengelola keuangannya Pertamina berpegang pada regulasi, profesionalitas dan prinsip kehati-hatian. Dia menyebut, peringkat dengan prospek yang stabil ini menunjukkan kepercayaan investor masih cukup kuat.

Baca Juga: Ini 5 keuntungan konversi BBM ke BBG bagi nelayan

Dalam upaya menjaga kinerja keuangan di tengah kondisi pandemi covid-19, Pertamina antara lain mempertahankan operasional hulu sampai hilir sambil melakukan efisiensi dengan pemangkasan belanja operasional sebesar 30% dan belanja modal (capex) sebesar 23%.

“Pertamina juga tetap komitmen menuntaskan proyek-proyek strategis nasional baik di hulu maupun pengolahan untuk menjaga ketahanan dan kemandirian energi nasional,” pungkas Fajriyah.

Selanjutnya: Pemerintah akan terapkan skema KPBU untuk kejar target pembangunan jargas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×