kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.455.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.155   0,00   0,00%
  • IDX 7.743   -162,39   -2,05%
  • KOMPAS100 1.193   -15,01   -1,24%
  • LQ45 973   -6,48   -0,66%
  • ISSI 227   -2,76   -1,20%
  • IDX30 497   -3,22   -0,64%
  • IDXHIDIV20 600   -2,04   -0,34%
  • IDX80 136   -0,80   -0,58%
  • IDXV30 141   0,18   0,13%
  • IDXQ30 166   -0,60   -0,36%

Ford Segera Rilis Produk Baru di Kelas Low MPV


Rabu, 28 Januari 2009 / 15:54 WIB
Ford Segera Rilis Produk Baru di Kelas Low MPV


Reporter: Ali Imron | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Ford Motor Indonesia berniat merambah ke kelas low MPV. Sebagai tahap awal, Ford berencana melepas varian baru di kelas ini yaitu Ford Viesta. Dengan demikian, produk teranyar Ford ini akan bertarung langsung dengan dua penguasa lama, yaitu Honda Jazz dan Toyota Swift.

Hanya saja, rencana Ford ini baru akan terealisasi pada awal kuartal pertama 2010. “Kami berminat merilis Ford Viesta karena pasarnya sendiri sangat gemuk dan pemainnya banyak sekitar sepuluh ATPM,” tandas Direktur Marketing FMI, Davy Tuilan, Rabu (28/1) di Jakarta.

Gemuknya pasar low MPV membuat FMI optimis bisa mencapai angka penjualan sekitar 1.000 unit per bulan. Selain itu, produk ini pun sudah menjadi volume maker bagi FMC di dunia. “Dan harapannya penjualannya di Indonesia juga bisa laris. Pokoknya kompetitor semuanya akan kami lawan,” tandasnya.

Soal harga jual, FMI bakal membanderol Ford Viesta dengan harga Rp 200 juta. Hanya saja tidak menutup kemungkinan apabila terjadi kenaikan harga tergantung situasi pasar.

Sementara itu, Honda Prospect Motor (HPM) bilang, Ford akan mengalami kesulitan dalam meraih pasar. Sebab, sebagai pemain baru, sudah tentu mereka belum memiliki market tersendiri. “Biasanya butuh waktu lama untuk mendapatkan pengakuan,” tandas Corporate Communication HPM Yulian Karfili.

Honda sendiri memiliki konsumen yang sangat loyal. Tak ayal apabila Honda Jazz sanggup menjadi market leader di 2008 dengan angka penjualan sekitar 27.551 unit. Dengan tingkat penjualan tersebut, Honda jazz mengempit market share sekitar 47 %.

Sedangkan posisi kedua ditempati oleh Toyota Yaris. Mereka berhasil menggenggam penjualan 2008 sebesar 13.614 unit. Raihan itu membuat market share Yaris menjadi 23 %. Posisi Ketiga ditempati oleh Suzuki Swift dengan penjualan sekitar 8927 unit atau menggenggam market 15%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×