kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   4.000   0,28%
  • USD/IDR 15.405   0,00   0,00%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Forum Bisnis dan Investasi Berbasis Alam Jaring Sejumlah Komitmen Kerjasama


Minggu, 25 Juni 2023 / 20:11 WIB
Forum Bisnis dan Investasi Berbasis Alam Jaring Sejumlah Komitmen Kerjasama
ILUSTRASI. Forum Bisnis dan Investasi Berbasis Alam Jaring Sejumlah Komitmen Kerjasama.


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Jane Aprilyani

KONTAN.CO.ID - SIGI. Forum Bisnis dan Investasi Berbasis Alam di Indonesia berhasil menjaring sejumlah komitmen kerjasama untuk mendukung implementasi pembangunan lestari di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Forum yang merupakan salah satu acara di Festival Lestari ke-5 yang digelar pada 23 Juni lalu ini sukses mendorong para pemangku kepentingan yang terdiri dari pemerintah daerah dan provinsi, perusahaan swasta, petani, hingga lembaga riset, dan akademisi untuk berkomitmen mendukung pembangunan berkelanjutan, melalui sejumlah perjanjian kerjasama dan deklarasi nota kesepahaman (MoU).

MoU pertama adalah komitmen bersama antara Kadin Indonesia dan Ligkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) untuk Pembangunan Ekonomi Berbasis Sumber Daya Hutan Lestari, yang dilanjutkan dengan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Proyek Percontohan Multi Usaha Kehutanan antara Pemkab Sigi, Kadin Sulawesi Tengah, dan LTKL

“Komitmen ini bertujuan untuk menghadirkan proyek percontohan multiusaha kehutanan di Kabupaten Sigi guna menjadi model usaha dengan kesinambungan antara usaha produksi, pengolahan dan pemasaran, serta dengan dukungan dari pemerintah," kata Wakil Ketua Umum Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kadin Indonesia Silverius Oscar Unggul di Festival Lestari, Sigi, Jumat (23/6).

Proyek percontohan ini selain melibatkan Kadin Regenerative Forest Business juga akan melibatkan Kadin Sulawesi Tengah.

MoU kedua antara Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia dengan Kabupaten Sigi untuk penguatan ekonomi masyarakat Kabupaten Sigi melalui pengembangan agribisnis kopi dan kakao.

Kerjasama ini untuk mengembangkan bibit unggul yang memiliki kualitas dan produktivitas tinggi dalam rangka mendukung peningkatan produksi dan kesejahteraan petani kopi dan kakao di Kabupaten Sigi.

MoU ketiga antara Kabupaten Sigi dan UPT Sumberdaya Hayati Sulawesi Herbarium ulawesi - Herbarium Celebense (CEB) Universitas Tadulako untuk kerjasama riset dan pengembangan Inovasi berbasis alam Cagar Biosfer Lore Lindu.

Penandatanganan MoU ini bertujuan untuk membentuk kerangka kerjasama di bidang riset dan pengembangan inovasi basis alam di Cagar Biosfer Lore Lindu.

Selain MoU, ada beberapa deklarasi oleh sejumlah pemangku kepentingan untuk mewujudkan pembangunan lestari. Misalnya, deklarasi untuk mendukung pengembangan model ekonomi restoratif Taman Nasional Cagar Biosfer Lore Lindu oleh pengelola Taman Nasional Lore Lindu, MAB-UNESCO BRIN, perwakilan Kab. Sigi, Kab. Poso, Kab. Parigi Moutong, Kab. Donggala, Bappeda provinsi, Pandegha, dan swadaya.

Komitmen bersama ini merupakan wujud aksi nyata bersama dalam mengidentifikasi, mempelajari, dan mengembangkan solusi inovatif yang mempromosikan konservasi, pemanfaatan yang berkelanjutan dan pengelolaan sumber daya alam di Cagar Biosfer Lore Lindu.

Baca Juga: Hadapi Tantangan Perubahan Iklim, Sri Mulyani: Dibutuhkan Kerja Sama Global

Deklarasi lainnya adalah komitmen pengembangan minyak atsiri di Kabupaten Sigi melalui pengembangan mini-mils pengeringan dan distilasi.

Komitmen ini didorong oleh Conservana Spices, Dinas Koperasi & UKM Kabupaten Sigi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sigi, Koperasi Simbotove, Wadah Orang Muda Sigi, Gampiri Interaksi, swadaya, dan Pandegha. Mereka berkomitmen untuk mendukung pengembangan mini-mills pengeringan dan destilasi minyak atsiri di Kabupaten Sigi. 

"Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan sebuah sistem pengolahan yang efisien dan berkelanjutan, yang memungkinkan produksi minyak atsiri berkualitas tinggi dari vanili, palmarosa, dan sereh wangi," kata Ketut Mulyawan, Founder Conservana Spices.

Ada juga komitmen untuk Kakao Restoratif Indonesia oleh Koperasi Desa Omu, Pipiltin, Agridesa (Kris), Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sigi, Gampiri Interaksi, dan Katalys.

Ini merupakan inisiatif yang digagas oleh multipihak untuk membangun ekosistem agroforestri kakao yang mendorong model pertanian berkelanjutan untuk kesehatan tanah, komoditas yang tangguh bencana dan diversifikasi pendapatan.

Dalam lingkup nasional, melalui Forum Bisnis dan Investasi Berbasis Alam, Festival Lestari 5 juga berhasil melahirkan kerjasama antara Smesco Indonesia dan LTKL terkait mobilisasi investasi melalui Smesco Hub Timur Nusa Dua Bali. Smesco sebagai perangkat ekosistem memiliki peran penting dalam mengembangkan potensi wilayah Indonesia Timur.

"Baru-baru ini Smesco membentuk ekosistem Sparc Smesco yang menjadi fondasi bagi pembukaan jalur perdagangan dan investasi. Dalam ekosistem ini, terdapat beberapa stakeholder kunci, termasuk offtaker, institusi perbankan, dan perusahaan rantai pasok yang dapat mendukung inisiatif usaha lestari," ungkap Leonard Theosabrata, Direktur Utama Smesco Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×