kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45918,34   9,03   0.99%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Freeport belum tentukan lokasi smelter


Senin, 05 September 2016 / 11:19 WIB
Freeport belum tentukan lokasi smelter


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. PT Freeport Indonesia sampai saat ini belum menentukan lokasi final pabrik pemurnian mineral (smelter). Tapi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menginginkan agar lokasi smelter tembaga oleh PT Freeport Indonesia  berada di lahan PT Petrokimia Gresik, di Gresik, Jawa Timur.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) Kementerian ESDM, Bambang Gatot Ariyono mengatakan, pihaknya belum menerima informasi atau laporan adanya perubahan lokasi pembangunan smelter tersebut dari Freeport Indonesia. "Mereka (Freeport) masih bekerjasama dengan Petrokimia Gresik," kata Bambang kepada KONTAN, Minggu (4/9).

Bambang menambahkan, Freeport dan Petrokimia sudah terikat dalam perjanjian kerjasama sewa lahan pada awal tahun 2015 lalu. Selain itu, dalam laporan kemajuan pembangunan smelter yang dilaporkan Freeport ke Kementerian ESDM, masih tertera informasi kerjasama antara Freeport dengan Petrokimia. 

Sementara itu, Anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Golkar, Eni Maulani Siregar mengungkapkan, Freeport Indonesia tak serius membangun smelter. Untuk itu, Eni meminta pemerintah untuk menagih komitmen Freeport untuk memastikan lokasi pembangunan smelter.

"Kami minta ada kepastian lokasi pembangunan smelter tersebut. Dan yang penting adalah, mereka (Freeport) mau memurnikan dulu hasil tambang mereka sebelum ekspor," terang Eni kepada KONTAN, Minggu (4/9).

Eni menuturkan, pihaknya mempertanyakan lokasi rencana pembangunan smelter Freeport setelah dirinya bertemu dengan Direksi Petrokimia Gresik. Dari hasil pertemuan tersebut, Eni bilang, kerjasama antara Freeport dengan Petrokimia Gresik sudah berakhir. Alasannya adalah, Freeport belum mendapatkan kepastian bisnis pasca kontrak karya (KK) berakhir pada tahun 2021 nanti.

"Mereka menyatakan Freeport sudah tidak lagi bekerjasama dengan Petrokimia. Dia (Freeport) belum memperbarui kerjasamanya dengan Petrokimia. Malahan dia mencari kerjasama lahan baru dengan AKR Corporindo," ungkap Eni.

Juru Bicara Freeport Indonesia, Riza Pratama tak ingin berkomentar tentang lokasi pembangunan smelter. Soal apakah lokasi smelter tersebut berada di lokasi Petrokimia Gresik, Riza juga enggan menjelaskannya. "Kami belum bisa berkomentar mengenai smelter," ungkapnya  kepada KONTAN, Minggu (4/9).
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×