kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,14   4,65   0.50%
  • EMAS1.029.000 0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Gaet PLN, Pertamina Lubricants akan Kembangkan Minyak Pelumas dan Transformer Oil


Jumat, 25 November 2022 / 11:31 WIB
Gaet PLN, Pertamina Lubricants akan Kembangkan Minyak Pelumas dan Transformer Oil
ILUSTRASI. PT Pertamina Lubricants


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina Lubricants (PTPL) berupaya akan mendorong pengembangan dan penggunaan produk minyak pelumas dan transformer oil di Indonesia.

Hal itu didorong dari penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara PTPL dengan PLN. Keduanya akan mendukung peningkatan penggunaan produk dalam negeri di sektor energi ketenagalistrikan.

Selain itu, kerja sama ini akan mendorong pengembangan fasilitas infrastruktur dan manufaktur produksi transformer oil di Indonesia. Kerja sama ini juga akan dilakukan penelitian riset kapabilitas dan kualitas produk dengan berpedoman standar best practice internasional.

Baca Juga: Pertamina Lubricants Bidik Kenaikan Volume Penjualan Pelumas 15% pada Tahun Depan

Keduanya akan memprioritaskan pengembangan komponen dalam negeri yang digunakan dalam produk minyak pelumas dan transformer oil.

Transformer oil merupakan salah satu bagian penting dalam sistem tenaga konversi level tegangan dan menjaga aliran daya dalam sistem tenaga listrik. Oli ini akan berfungsi ganda yaitu sebagai pendingin dan isolasi.

Saat ini, PTPL memiliki merek pelumas Trafolube yang diformulasikan untuk transformers, circuit breakers, switch gears dan jenis peralatan listrik lainnya.

Direktur Utama PTPL Werry Prayogi mengatakan, yransformer oil adalah salah satu komoditi utama yang masih didatangkan dari luar negeri.

“Kini PTPL dan PLN berkomitmen bersama mengembangkan produk transformer oil secara domestik dengan harapan pelumas Pertamina dapat terus mendorong peningkatan TKDN dalam proyek ketenagalistrikan nasional,” ujar Werry dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Jumat (25/11).

PLN merupakan konsumen yang menggunakan serangkaian varian pelumas Pertamina untuk berbagai kegunaan mesin. Di antaranya Turbolube XT Series untuk mesin turbin, Turalik XT Series untuk mesin hidraulik, NG Lube Series untuk mesin gas, Meditran Series dan Salyx Series untuk mesin diesel, Trafolube untuk mesin transformer/trafo dan Masri FLG Series untuk Gearbox Mill.

Baca Juga: Pertamina Lubricants Telah Sertifikasi 128 Produk Pelumas dengan TKDN di Atas 70%

"Kerja sama PTPL dan PLN sudah terjalin lebih dari satu dekade dan kami optimis kerja sama yang baik ini akan terus berlanjut, dengan tujuan bersama-sama berkontribusi terhadap kemajuan sektor strategis di Indonesia," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×