Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Putri Werdiningsih
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Homeco Victoria Makmur Tbk (LIVE) menyampaikan dukungan dan partisipasi aktif terhadap lahirnya Asosiasi Peralatan Rumah Tangga Indonesia alias Indonesia Houseware Association (IHA). Emiten perlengkapan rumah tangga yang dikenal dengan nama Homeco Living ini bergabung sebagai anggota resmi IHA.
Peluncuran asosiasi ini dilakukan di hari pertama ajang Pameran Internasional Produk Hadiah dan Peralatan Rumah Tangga “IGHE Indonesia 2025”. Adapun, pameran tersebut rencananya akan digelar pada 6 Agustus - 8 Agustus 2025 di Jakarta International Expo.
Komisaris Utama Homeco Living, Sjamsoe Fadjar berperan memprakarsai pembentukan asosiasi, serta menjabat sebagai Ketua IHA. Sjamsoe bilang, kehadiran IHA menandai tonggak baru dalam upaya membangun ekosistem industri perlengkapan rumah tangga sasional yang lebih solid.
Sekaligus menjadi langkah nyata untuk memperkuat posisi Indonesia dalam industri peralatan rumah tangga yang semakin kompetitif, baik secara nasional maupun global. “IHA merupakan respons strategis terhadap dinamika pertumbuhan ekonomi Indonesia dan perubahan tuntutan konsumen," ungkap Sjamsoe dalam keterbukaan informasi LIVE yang dirilis pada Jumat (8/8/2025).
Baca Juga: Perusahaan Ini Berupaya Kembangkan Teknologi di Bisnis Peralatan Rumah Tangga
Sjamsoe menjelaskan, saat ini Indonesia tengah berada di titik transisi signifikan. Ditandai oleh pertumbuhan ekonomi, meningkatnya kelas menengah, dan pesatnya perkembangan e-commerce. Seluruh perubahan ini turut menggeser ekspektasi konsumen dari sekadar mengutamakan fungsi menjadi perhatian pada desain, kualitas, dan makna yang lebih mendalam pada produk rumah tangga.
“Namun, di balik peluang tersebut, muncul tantangan nyata berupa ketidakkonsistenan kualitas, minimnya standar nasional, dan kurangnya koordinasi lintas sektor. Hal ini membuat industri ini membutuhkan wadah kolektif dan pemersatu.” ujar Sjamsoe.
Sjamsoe menegaskan, IHA berkomitmen pada peningkatan daya saing, inovasi, keberlanjutan, serta kolaborasi aktif dengan pemerintah dan mitra global. Visinya menjadi perwakilan resmi dan terpercaya bagi industri, terlibat dalam penyusunan kebijakan, menciptakan peluang strategis, dan memperkuat citra produk Indonesia di pasar dunia.
Baca Juga: Moorlife Unjuk Kekuatan Brand Lokal:1000 Entrepreneur di Champion Conference Bali2025
Sebagai langkah awal, IHA telah menyusun peta jalan internasional melalui kemitraan strategis jangka panjang dengan IGHE Indonesia. Kolaborasi ini dirancang untuk mendorong investasi dan perdagangan global, menyelaraskan kebijakan dalam negeri serta membuka ruang kolaborasi internasional, pertukaran pengetahuan dan inovasi berkelanjutan.
"Dalam rencananya, IHA akan mengikuti berbagai pameran global seperti IGHE Rusia, IGHE Vietnam dan CHWE Shenzhen serta membangun paviliun Indonesia di ajang internasional untuk menampilkan kekuatan produk dalam negeri," ungkap Sjamsoe.
Sebagai anggota resmi IHA, Homeco Living turut menjadi bagian fondasi awal asosiasi bersama pelaku bisnis utama lainnya, seperti ITC Group, Bolde, Doremi Retail, dan Chaoyu Expo (IGHE Indonesia). Sebagai inisiator dan anggota, Homeco Living berkomitmen untuk tidak hanya bertumbuh secara bisnis, tetapi bersama dengan IHA turut berperan membangun industri rumah tangga Indonesia yang lebih kuat dan kompetitif di pasar global.
Selanjutnya: Siaga Hujan Sangat Lebat, Peringatan Dini BMKG Cuaca Hari Ini di Jakarta Sekitarnya
Menarik Dibaca: Siaga Hujan Sangat Lebat, Peringatan Dini BMKG Cuaca Hari Ini di Jakarta Sekitarnya
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News