kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,28   10,97   1.21%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ganti Presiden Direktur, MMKSI Optimistis Mengarungi Bisnis Sepanjang 2023


Kamis, 06 April 2023 / 14:41 WIB
Ganti Presiden Direktur, MMKSI Optimistis Mengarungi Bisnis Sepanjang 2023
ILUSTRASI. Dari kiri: Presiden Direktur PT MMKSI periode September 2018 - Maret 2023 Naoya Nakamura dan Presiden Direktur PT MMKSI Atsushi Kurita saat acara serah terima di Jakarta (5/4/2023).


Reporter: Dimas Andi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahun 2022 merupakan tahun yang penuh tantangan dan kompetisi sekaligus juga penuh dengan berbagai kesempatan baru seiring dengan membaiknya pandemi Covid-19 dan pemulihan kondisi ekonomi serta pasar otomotif. Pada 2022 pula pasar otomotif hampir kembali ke level sebelum pandemi tahun 2019 dengan tembus 1 juta unit, tumbuh 17% dibandingkan 2021.

Sepanjang tahun 2022, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berhasil memanfaatkan momentum ini dan membukukan capaian positif untuk penjualan retail kendaraan penumpang maupun niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia. MMKSI berhasil menjaga posisi di pasar otomotif Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 10,6% tahun 2022. Ini pun menjadi salah satu komitmen untuk memberikan ragam produk, layanan dan pengalaman terbaik dari Mitsubishi Motors untuk para pelanggan dan masyarakat di Indonesia.

Untuk tahun 2023, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah memproyeksikan penjualan mobil baru sebanyak 975.000 unit. Proyeksi ini menjadi dorongan tersendiri bagi MMKSI untuk terus mempertahankan eksistensi dan meningkatkan kualitas pada sisi produk, layanan penjualan, dan purna jual terbaik kepada konsumen melalui kompetisi di pasar otomotif di Indonesia. 

Baca Juga: Mitsubishi Kenalkan Mobil Konsep All New Triton di Bangkok International Motor Show

Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI periode September 2018–Maret 2023 mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah mendukung proses perkembangan bisnis MMKSI dan melewati berbagai tantangan yang ada pada tahun 2022. Upaya MMKSI pada tahun lalu pun terjawab dengan capaian penjualan yang positif dan menjadi motivasi untuk meraih lebih baik lagi. 

"Pengalaman pada tahun lalu mengajarkan kami untuk terus berinovasi demi memberikan layanan terbaik untuk meningkatkan kepuasan konsumen," ujar dia dalam siaran pers di situs Mitsubishi Indonesia, Rabu (5/4). 

Nakamura menambahkan, apresiasi yang baik dari konsumen serta capaian MMKSI pada tahun 2022 menjadi semangat dan memotivasi MMKSI untuk terus mengimplementasikan komitmen kuat dari Mitsubishi Motors untuk Indonesia sebagai pasar yang sangat penting di kawasan ASEAN. 

Baca Juga: Sambut Ramadhan, Mitsubishi Motors Hadirkan Promo Aktivasi Menarik di JAW 2023

Masa jabatan Naoya Nakamura sebagai presiden direktur MMKSI berakhir Maret lalu, sehingga dia ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang paling tinggi atas dukungan pemberitaan terbaik kepada MMKSI, brand dan model Mitsubishi Motors di Indonesia, serta keramahan kepada dirinya secara personal selama memimpin MMKSI. 

"Saya mendapatkan banyak pengalaman terbaik selama bertugas di Indonesia. Selanjutnya saya ingin memohon dukungan terbaik dari Anda untuk Mr. Kurita sebagai Presiden Direktur MMKSI periode berikutnya,” lanjut dia. 

Naoya Nakamura telah memiliki andil penting di MMKSI selama hampir lima tahun sejak 2018 dalam memberikan kontribusi yang sangat baik bagi bisnis Mitsubishi Motors di Indonesia. Dia telah membangun fondasi dan kepemimpinan yang kuat untuk membawa kesuksesan MMKSI dan berhasil mempertahankan bisnis MMKSI melewati berbagai rintangan terutama pada masa pandemi.Covid-19 yang sangat mempengaruhi proses bisnis secara global. 

Baca Juga: Pilihan Harga Mobil Baru Murah Rp 150 Jutaan, Ada Calya hingga Confero

Naoya Nakamura bahkan mampu menorehkan rekor angka penjualan terbesar untuk Mitsubishi Motors (MMC) sepanjang sejarahnya di Indonesia, yaitu pada tahun 2021 lalu dengan pencapaian  104.407 unit atau berkontribusi lebih dari 12% terhadap penjualan MMC secara global yang sekaligus menjadikan MMKSI sebagai penyumbang terbesar untuk penjualan retail MMC pada skala global.

Sebagai penerus Naoya Nakamura, Atsushi Kurita akan melanjutkan kepemimpinan dan posisi Presiden Direktur MMKSI efektif mulai 1 April 2023 dan langsung memulai strateginya untuk mengembangkan bisnis MMKSI dan brand Mitsubishi Motors di Indonesia ke depannya. 

Atsushi Kurita menyampaikan, upaya  MMKSI dalam meningkatkan brand, kualitas produk, dan layanan Mitsubishi Motors di Indonesia telah dirasakan dan direspons dengan capaian penjualan positif. Dia sangat antusias dan bersemangat melaksanakan tugas di MMKSI dan menyambut tahun fiskal 2023. 

Baca Juga: Mitsubishi Motors (MMKSI) Siapkan Berbagai Program Menarik di Ajang GJAW 2023

Pengalaman MMKSI pada tahun lalu menjadi motivasi dan referensi yang sangat berharga untuk agen pemegang merek (APM) tersebut untuk meraih capaian yang lebih baik lagi dan terus memberikan yang terbaik guna menjaga kepuasan konsumen pada level maksimal. 

"Saya mohon dukungan lebih lanjut, dan saya sangat terbuka untuk berdiskusi dan mendengar pendapat Anda untuk kemajuan MMKSI di masa selanjutnya,” lanjut imbuh dia. 

Sebagai pengingat, merujuk pada data penjualan retail Gaikindo tahun kalender 2022, kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia mencatat angka penjualan sebanyak 97.936 unit. Jumlah ini terdiri dari penjualan model kendaraan penumpang sebanyak 69.629 unit dan kendaraan niaga ringan sebanyak 28.307 unit.

Sementara dari sisi purnajual, MMKSI juga mendapatkan pencapaian positif di mana pada tahun 2022, total kendaraan datang untuk melakukan servis dan perawatan naik sebesar 7%. Selain itu, pertumbuhan penjualan suku cadang, aksesoris, dan genuine part MMKSI naik sebesar 7% dibandingkan dengan tahun 2021. Hal tersebut tentunya menjadi motivasi MMKSI untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan layanan yang sudah ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×