kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Garap puluhan pelanggan, Xurya Daya kejar kontribusi 10% untuk bauran PLTS Atap


Rabu, 26 Februari 2020 / 20:58 WIB
Garap puluhan pelanggan, Xurya Daya kejar kontribusi 10% untuk bauran PLTS Atap
ILUSTRASI. Managing Director Xurya Daya Indonesia, Eka Himawan, saat berkunjung ke Redaksi KONTAN, Jakarta (17/10). PT Xurya Daya Indonesia terus menggenjot penggunaan PLTS Atap dengan menyasar segmen komersial dan industri.

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Xurya Daya Indonesia (Xurya) terus menggenjot penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap dengan menyasar segmen komersial dan industri. Saat ini PLTS Atap dari perusahaan rintisan (startup) ini sudah dipakai di lebih dari 20 pelanggan industri dan komersial.

Managing Director Xurya Eka Himawan menyampaikan, pelanggan yang memakai PLTS Atap garapan Xurya itu terdiri dari berbagai bidang. Yakni pabrik, pusat perbelanjaan, perusahaan logistik, gudang pendingin, hingga pertokoan. Sayangnya, Eka enggan membuka berapa total kapasitas terpasang PLTS Atap yang digarap Xurya, termasuk target penambahan pelanggan dan kapasitas Xurya pada tahun ini.

Baca Juga: PHE-Repsol Exploracion South East Jambi tandatangani kerjasama WK Southeast Jambi

"Kita sudah lebih dari 20 pelanggan industri dan komersil. Total kapasitas nanti kami sampaikan, tapi cukup banyak," kata Eka dalam acara Customer Sharing Session manfaat PLTS Atap bagi pelaku industri dan bisnis, Rabu (26/2).

Kendati begitu, Eka memberikan gambaran tentang realisasi dan target kapasitas PLTS Atap yang dipasang Xurya. Eka mengklaim, Xurya telah berkontribusi sekitar 10% dari total kapasitas terpasang PLTS Atap saat ini. Sepanjang tahun 2020, Eka menyebut bahwa pihaknya ingin menjaga porsi tersebut.

"Untuk tahun ini kita coba bantu lagi Kementerian ESDM, paling minimal 10%," sambungnya.

Adapun, menurut data dari Kementerian ESDM, penggunaan PLTS Atap mencapai 1.580 pelanggan hingga Desember 2019. Adapun, total kapasitas terpasang PLTS Atap berjumlah 4.929,81 Kilowatt peak (kWp) atau sekitar 4,92 Megawatt (MW).

Baca Juga: Temui sejumlah kendala, realisasi digitalisasi SPBU berpotensi meleset dari target

Guna mendorong penggunaan PLTS Atap, Xurya menawarkan skema pembiayaan dengan metode tanpa biaya investasi awal alias DP 0. Xurya, kata Eka, menyediakan keseluruhan sistem PLTS Atap mulai dari pengadaan panel surya, pemasangan, hingga perawatan operasional.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×