kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,26   4,51   0.50%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Garuda berharap rejeki piknik Raja Salman di Bali


Jumat, 10 Maret 2017 / 22:20 WIB
Garuda berharap rejeki piknik Raja Salman di Bali


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Adi Wikanto

JAKARTA. PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) akan terus ekspansi lewat peningkatan frekuensi penerbangan di rute-rute eksisting maupun lewat pembukaan rute baru. Perusahaan pelat merah ini tengah mengkaji untuk membuka rute Denpasar- Riyadh Arab Saudi.

Garuda melirik pasar Arab setelah Raja Salman memperpanjang masa liburannya di Bali. Rencana semula, liburan Raja Saudi Arabia tersebut pada 4 - 9 Maret 2017. Namun kemudian diperpanjang hingga 12 Maret.

M Arief Wibowo, Direktur Utama Garuda Indonesia mengatakan perpanjangan masa liburan Raja Salman tersebut bisa memberikan stimulus demand wisatawan dari Arab. "Kita lagi menghitung saat ini apakah liburan Raja Salman tersebut direspon pasar. Perpanjangan masa liburan tersebut unik. Padahal, selama ini orang berpikir orang arab yang mau datang ke Bali. Kalau short of market tourism, peluang dari Saudi mustinya dari Riyadh," jelasnya di Jakarta, Jumat (10/6).

Jika liburan Raja Salman di Bali mendapat respon yang baik dari pasar wisawatan di Arab, Garuda akan segera melakukan pembukaan rute baru tersebut. Namun karena masih dalam kajian, Arief belum memutuskan apakah rute Denpasar-Riyadh dibuka dengan penerbangan carter atau penerbangan berjadwal.

Selain itu, Garuda juga tengah memproses untuk pembukaan penerbangan Jakarta-Los Angeles (LA) via Jepang. Penerbangan ini semula ditargetkan akan beroperasi di awal tahun ini, namun belum bisa terealisasi karena Kementerian Perhubungan Jepang dan Indonesia masih melakukan negosiasi.

"Ini masih negosiasi terutama untuk pemberian hak angkut kelima, karena itu yang menumungkinkan kita untuk one stop via Jepang terutama Tokyo. Tokyo diplih karena hidden city untuk ke westcost dan yielednya juga lebih tinggi dibandingkan intermediate point yang lain." Terang Arief.

Jika kesepakatan sudah terjalin dan perizinan rampung, Garuda akan membutuhkan waktu delapan bulan untuk resmi mulai melakukan penerbangan Jakarta-LA. Selain itu, Garuda akan memilih fokus untuk melakukan intensifikasi untuk penerbangan internasional dengan peningkatan frekwensi di rute yang sudah ada.

Sementara di domestik, Garuda akan melakukan ekspansi terutama ke wilayah timur Indonesia seperti Kaimanan, Nabire dan lain-lain. Maskapai ini akan mengkoneksikan semua rute di Papua dalam rangka memperkuat Hub Papua.

Garuda akan membuka rute dari hub Ambon ke Kaimanan. Pembukaan rute Kaimanan dilakukan seiring dengan penambahan penambahna 3 pesawat ATR yang dilakukan Garuda tahun ini. "Dari ambon kita perbanyak penerbangan juga. Pasalnya dari sana bukan hanya ke arah Langgor, Ternate, tapi juga ambon ke kaiman juga kemudian di semua titik papua kita koneksikan agar lebih mudah menjelajah Papua," jelas Arief.

Garuda juga akan terus melakukan ekspansi ke 10 destinasi wisata beyond Bali. Maskapai ini juga berencana menambah frekuensi penerbangan Jakarta-Labuhan Bajo untuk penerbangan sore.

Garuda akan mendorong jumlah penerbangan domestik meningkat terus. Dari sisi traffic, penerbangan domestik Garuda tahun 2016 mencapai 75%. Perusahaan akan berupaya mendorong penerbangan domestik terus meningkat hingga 80%. Adapun tingkat keterisian rata-rata untuk penerbangan domestik Garuda mencapai 76%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×