Reporter: Sri Sayekti | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wujudkan penguatan kualitas dan keamanan supply chain dalam mendukung kelancaran pada kualitas setiap alur distribusi nasional dan internasional, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk salah satu layanannya adalah jasa distribusi meraih sertifikat Good Distribution Practices (GDP) yang diserahkan oleh PT SUCOFINDO sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Testing, Inspection dan Certification.
Kolaborasi strategis terkait layanan jasa distribusi memiliki peranan penting dalam rantai pasok, dari produsen menuju konsumen terhadap keamanan dan mutu produk, khususnya di sektor farmasi yang membutuhkan standar tinggi.
Keberhasilan Garuda Indonesia dalam meraih kembali sertifikasi GDP diapresiasi oleh SUCOFINDO. Menurut Direktur Layanan Industri SUCOFINDO, Budi Utomo, distribusi produk farmasi menuntut persyaratan ketat, termasuk higienitas, fasilitas penyimpanan suhu terkontrol, dan keakuratan waktu pengiriman.
“SUCOFINDO siap menjaga mutu dan kualitas terbaik dalam setiap mata rantai pasok guna memastikan keamanan produk dari risiko kontaminasi, serta menjamin proses penanganan, penyimpanan, dan pendistribusian sesuai standar,” ujar Budi Utomo.
Baca Juga: BSI Perluas Layanan Payroll dengan Menggandeng Sucofindo
Lebih lanjut, Budi menjelaskan bahwa sertifikasi GDP berperan penting dalam menjamin proses transportasi dan penyimpanan produk farmasi berjalan sesuai standar internasional.
“Sebagai lembaga terpercaya dalam bidang sertifikasi, SUCOFINDO menyediakan layanan audit kepatuhan terhadap regulasi nasional dan internasional, audit sistem manajemen, layanan supply chain, serta inspeksi dan pengujian barang sebagai bentuk dukungan menyeluruh terhadap implementasi GDP di Garuda Indonesia,” kata Budi Utomo.
Pada kesempatan yang sama, Direktur Operasi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Capt. Tumpal Manumpak Hutapea, menyatakan bahwa pencapaian ini merupakan bukti keseriusan Garuda Indonesia dalam menerapkan standar internasional pada layanan kargo.
“Sertifikasi ini menjadi bukti bahwa seluruh proses penanganan kargo farmasi kami, mulai dari pengangkutan di origin station, pemuatan ke pesawat, hingga penanganan di warehouse Garuda Indonesia, telah memenuhi standar internasional,” jelas Capt. Tumpal Manumpak Hutapea.
Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa pencapaian ini merupakan tonggak penting dalam meningkatkan daya saing layanan kargo Garuda Indonesia serta memperkuat peran perusahaan dalam mendukung distribusi nasional.
Baca Juga: SUCOFINDO Dampingi BPJPH Sertifikasi Perusahaan Logistik, Dukung Ekosistem Halal
“Sertifikasi ini bukan akhir dari komitmen kami terhadap layanan kargo yang prima, melainkan menjadi pemacu untuk terus meningkatkan kualitas layanan ke depan,” tambahnya.
“Kami berharap kolaborasi ini memberikan nilai tambah tidak hanya bagi Garuda Indonesia dan SUCOFINDO, tetapi juga bagi penguatan industri kargo nasional sebagai bagian penting dalam mewujudkan Indonesia yang sehat dan kuat di masa depan,” tutup Capt. Tumpal.
Kolaborasi ini tidak hanya mencakup aspek distribusi. SUCOFINDO juga mampu mendukung Garuda Indonesia dalam memperkuat tata kelola perusahaan melalui layanan Assurance Sustainability Report, pengukuran dampak sosial (CSR) menggunakan SROI dan Indeks Kepuasan Masyarakat, SNI ISO 10004:2018 tentang manajemen mutu dan pengelolaan keluhan, jasa pengukuran dan pemantauan kepuasan pelanggan.serta layanan pest control dan fumigasi untuk kenyamanan penumpang.
Baca Juga: Kelola Sampah Melalui Biogas, Sucofindo Dorong Aksi Hijau di Hari Bumi 2025
Selanjutnya: Segar Kumala (BUAH) Anggarkan Capex 12 Miliar Pada 2025, Fokus Bangun Gudang Baru
Menarik Dibaca: Promo PSM Alfamart Periode 1-7 Mei 2025, Good Time-Frisian Flag Mulai Rp 5.000-an
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News