kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Genap Berusia 1 Tahun, Ini Deretan Pencapaian Holding Pangan BUMN ID FOOD di 2022


Senin, 09 Januari 2023 / 17:06 WIB
Genap Berusia 1 Tahun, Ini Deretan Pencapaian Holding Pangan BUMN ID FOOD di 2022
ILUSTRASI. ID FOOD, holding BUMN Pangan yang sudah berusia selama 1 tahun


Reporter: Vina Elvira | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Genap berusia 1 tahun, Holding BUMN Pangan, ID Food, terus berupaya membangun ekosistem hulu hilir pangan yang terintegrasi. Sejumlah transformasi dan inovasi pangan pun telah dijalankan ID FOOD sejak berdiri pada Januari 2022 lalu.

Direktur Utama Holding Pangan ID FOOD Frans Marganda Tambunan mengatakan, di hulu pangan, ID FOOD telah berkontribusi melalui Program Makmur.

Sepanjang 2022, pihaknya telah mencatatkan realisasi tanam seluas 326.622 hektare (ha), yang melibatkan petani sebanyak 173.486 orang melalui beberapa komoditas seperti padi, tebu, jagung, sawit dan kopi.

Selain itu, di hilir pangan, berbagai kegiatan korporasi dalam memperkuat ekosistem pangan nasional telah dilakukan di tahun 2022 melalui komitmen pendistribusian pangan.

"Salah satunya komitmen dalam menjaga ketersediaan pangan komoditas minyak goreng dengan mendistribusikan sekitar 90,56 juta liter minyak goreng di 6.500 titik lokasi di Indonesia," ungkap Frans dalam keterangan resminya pada Senin (9/1).

Baca Juga: Pengamat: Kebijakan Food Estate Perlu Dievaluasi

Dalam keterangan resmi tersebut disampaikan juga harapan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kepada BUMN ID FOOD. Dia berharap, ID FOOD dapat terus kolaborasi dengan Kementerian Pertanian.

Menurutnya ID FOOD memiliki peran penting untuk pertanian, karena merupakan bagian dari ekosistem pertanian.

“Pertanian tidak hanya di budidaya, pertanian ada di pasca, pertanian ada di mengindustrikan-nya, dan mengolahnya, pertanian ada di market, dan ID FOOD ada di semua tempat,” kata Syahrul.

Ucapan dan harapan untuk ID FOOD juga datang dari Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono yang berharap ID FOOD dapat menggalakkan sinergitas dan kolaborasi untuk menghadirkan ketahanan pangan nasional dan peningkatan kesejahteraan insan pangan di Indonesia, khususnya para nelayan dan pembudidaya sebagai pelaku utama sektor kelautan perikanan.

Disamping itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan juga mendorong peran BUMN Holding Pangan ID FOOD agar dapat memperkuat rantai pasok pangan di tanah air.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memiliki harapan kepada ID FOOD untuk dapat meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak sehingga mampu mewujudkan misi swasembada pangan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×