kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45767,97   -12,34   -1.58%
  • EMAS1.024.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.70%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Getol beri diskon dan listrik gratis, pemerintah jamin keuangan PLN tetap sehat


Selasa, 11 Agustus 2020 / 16:20 WIB
Getol beri diskon dan listrik gratis, pemerintah jamin keuangan PLN tetap sehat
ILUSTRASI. Pemerintah kembali memperpanjang stimulus tagihan listrik PLN hingga Desember 2020.

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah kembali memperpanjang stimulus tagihan listrik hingga Desember 2020. Stimulus itu diberikan dalam bentuk diskon tagihan listrik untuk pelanggan rumah tangga dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) 450 VA dan 900 VA bersubsidi.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menerangkan, untuk pelanggan rumah tangga, diskon 100% tagihan diberikan kepada pelanggan 450 VA. Sedangkan untuk pelanggan 900 VA bersubsidi diberikan diskon 50%.

Selain untuk pelanggan rumah tangga, perpanjangan stimulus hingga Desember 2020 juga diberikan bagi UMKM atau pelanggan bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA, dalam bentuk diskon 100% tarif listrik.

Tak hanya itu, pemerintah juga memberikan stimulus dalam bentuk pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum dan pembebasan biaya beban (abonemen) bagi pelanggan golongan sosial, bisnis dan industri.

Baca Juga: Masih ramai tagihan listrik melonjak, pemerintah minta PLN perbaiki komunikasi

Rida tak menampik, sejumlah stimulus tersebut bakal mempengaruhi cash flow PT PLN (Persero). Kendati begitu, pemerintah menjamin akan memberikan tambahan subsidi dan kompensasi sehingga kinerja keuangan PLN tidak semakin terbebani.

"PLN sebagai ujung tombak, garda terdepan, (stimulus tagihan listrik) sedikit banyak mempengaruhi cash flow mereka. Tapi kita komitmen menjaga cash flow PLN tetap sehat," kata Rida dalam konferensi pers virtual yang digelar Selasa (11/8).

Dia menerangkan, pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tetap mencairkan subsidi kepada PLN setiap bulan. Dengan adanya stimulus berupa diskon tarif bagi pelanggan rumah tangga golongan 450 VA dan 900 VA bersubsidi serta pelanggan bisnis kecil 450 VA dan industri kecil 450 VA, maka besaran subsidi pun akan ditambah pemerintah.

"Jadi jangan takut PLN karena ada program ini. Kami saat merancang kebijakan ini tentu saja mempertimbangkan kondisi keuangan PLN. Jangan sampai mau membantu, yang membantunya malah sakit, kan nggak lucu," sebut Rida.

Baca Juga: Diskon tagihan listrik untuk rumah tangga dan UMKM diperpanjang hingga Desember 2020

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×