kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Good bye pencatat meteran listrik! Pelanggan bakal bisa bayar tagihan via PLN Mobile


Jumat, 26 Juni 2020 / 11:16 WIB
Good bye pencatat meteran listrik! Pelanggan bakal bisa bayar tagihan via PLN Mobile
ILUSTRASI. PLN Mobile


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Selamat tinggal pencatat meteran tagihan listrik. PT PLN sudah menguji coba dan akan segera dirilis ke pelanggan tentang "New PLN Mobile" yang merupakan pengembangan dari aplikasi lama dengan banyak fitur baru yang akan memudahkan pelanggan listrik mengelola kebutuhannya.

Asal tahu saja pada Rabu, 24 Juni 2020, aplikasi tersebut diujicoba secara internal oleh seluruh pegawai PLN untuk mendapatkan masukan dan usulan sehingga nantinya ketika dirilis dapat menjawab apa yang selama ini menjadi tuntutan pelanggan.

Baca Juga: PLN Menagih Kompensasi Listrik Rp 45,42 Triliun Kepada Pemerintah

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menekankan bahwa pelanggan hari ini adalah pelanggan yang berbeda dengan lima atau sepuluh tahun lalu. Yang tidak mau berubah dan tidak mau mendengar, akan ditinggalkan pelanggan. Dan bisnisnya tidak akan tumbuh.

"Lewat PLN Mobile ini, kami ingin memberikan pengalaman baru kepada pelanggan, tentang kemudahan mendapatkan layanan listrik, menyampaikan keluhan, termasuk membayar tagihan bulanan,” ungkap dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/6).

Ia menambahkan, New PLN Mobile ini nantinya akan lebih inovatif dari sisi tampilan dan kemudahan penggunaan. Pembelian token listrik, pasang sambungan baru, tambah daya, atau membayar tagihan, tidak perlu ke mana-mana lagi. Cukup dari aplikasi ini.

Bahkan di aplikasi yang sudah diperbarui ini, notifikasi bila ada pemutusan jaringan listrik karena pemeliharaan, pelanggan sudah bisa mengetahui terlebih dahulu.

"Dan itu di-customized hanya pada pelanggan yang terdampak saja informasi itu diberikan. Itu karena kami menggunakan teknologi geospatial, sehingga posisi setiap pelanggan dapat diketahui, dan informasi apa yang paling mereka butuhkan dapat dikelola secara akurat,” tambah Zulkifli.

Dari aplikasi yang sama, pengaduan gangguan juga cukup dilaporkan menggunakan aplikasi. Bila ada petugas PLN yang akan melayani, posisinya sudah sampai di mana, berapa lama lagi akan tiba, semua dapat dilacak dari aplikasi ini.

Zulkifli juga menjelaskan, pihaknya melakukan terobosan ini, supaya pelanggan dan masyarakat pengguna listrik memiliki pengalaman yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Pelanggan adalah raja yang harus dilayani sebaik-baiknya.

"Tanpa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, bisnis PLN tidak akan berkembang," imbuh dia.

Baca Juga: Masih ada waktu! Buruan lapor meteran listrik PLN lewat WA 08122123123

Aplikasi New PLN Mobile ini hanyalah salah satu dari 20 terobosan (breakthrough) yang digali dari pengalaman para PLNers memberikan pelayanan ketenagalistrikan.

Dua puluh terobosan tersebut, disatukan dalam program Transformasi PLN yang mencakup empat fokus antara lain:  (1) Lean, memastikan pengadaan listrik yang andal dan efisien; (2)  Green, meningkatkan kapasitas pembangkitan dengan fokus pada EBT, untuk mendukung tercapainya pengadaan listrik yang lebih ramah lingkungan;

(3) Innovative, meraih pendapatan dari sumber-sumber baru seperti fiber optic dan Electric Vehicle, dan (4) Customer focused, menjadi pilihan nomor satu bagi pelanggan dan mengejar target 100% elektrifikasi.

Ditanya mengapa aplikasi ini perlu diuji secara internal, Direktur Utama PLN Zulkifli bilang, sebelum disajikan kepada pelanggan, pihaknya harus memastikan semuanya berjalan baik dan tanpa gangguan.

"Memastikan layanan telah sempurna. Oleh karena itu, mulai hari ini kami minta seluruh pegawai untuk mencobanya. Kami juga mengimbau mereka untuk mengajak keluarga pegawai PLN untuk mencoba, dan menyampaikan masukan kepada kami untuk disempurnakan," ujar dia.

Ke depan, tambah Zulkifli, fitur-fitur baru juga akan terus dikembangkan seiring dengan layanan yang bisa disediakan oleh PLN lebih banyak. Misalnya, sambungan internet atau stasiun pengisian mobil listrik. Juga tidak menutup kemungkinan akan menyediakan layanan lainnya demi memberikan kepuasan kepada pelanggan.

"Singkatnya, ini adalah aplikasi yang menyelesaikan semua kebutuhan dalam satu genggaman,”pungkas Zulkifli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×