kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45755,12   29,29   4.04%
  • EMAS920.000 0,66%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Grab Dapat Suntikan Dana Segar dari Yamaha Senilai US$ 150 juta


Kamis, 13 Desember 2018 / 15:59 WIB
Grab Dapat Suntikan Dana Segar dari Yamaha Senilai US$ 150 juta
ILUSTRASI. Ilustrasi - Mitra pengemudi Grab

Reporter: Dian Sari Pertiwi | Editor: Dian Pertiwi

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Grab baru saja mengamankan dana segar senilai US$ 150 juta dari Yamaha Co., Ltd. Suntikan dana ini melengkapi fundraising Seri H yang berlangsung sejak Juni 2018. Sebelumnya, Grab mengamankan dana dari Hyundai Motor senilai US$ 250 juta. 

Pada Oktober lalu, Grab juga sempat mengantongi banyak pendanaan, salah satunya Booking Holdings yang menyuntik US$ 200 juta. Kemudian masih di bulan yang sama, Microsoft juga menyuntikkan dana dengan nilai yang dirahasiakan. 
 
Satu bulan sebelumnya, gabungan investor yang terdiri dari OppenheimerFunds, Ping An Capital, Vulcan Capital, Macquarue Capital dan Lightspeed Venture Partners menyuntikkan dana segar senilai US$ 1 miliar. Dengan begitu, Grab telah berhasil mengantongi dana sebesar US$ 2,9 miliar dari fundraising seri H ini. 
 
Dalam keterangan resmi bersama, Grab dan Yamaha menyebut bakal kolaborasi dalam bisnis transportasi Grab. Lewat Grab, Yamaha juga mengembangkan basis konsumen Grab di Asia Tenggara, di samping berencana mengembangkan produk motor untuk bisnis transportasi seperti Grab. 
 
"Kami mengantisipasi kemajuan yang signifikan lewat kolaborasi dengan Grab. Serta meningkatkan keamanan dan kepercayaan pengguna lewat penggabungan teknologi Yamaha Motor dalam sistem trasportasi, kami juga mengantisipasi peningkatan lebih lanjut dalam nilai sepeda motor di sistem mobilitas masa depan dan penciptaan mobilitas baru," kata Takuya Kinoshita, Chief General Manager of Motorcycle Business Operations Yamaha dalam keterangan resminya, Kamis (13/12).
 
Masuknya Yamaha dengan Grab semakin memanaskan konstelasi bisnis transportasi online. Sebelumnya, Go-Jek mendapat suntikan dana sebesar US$ 150 juta dari Honda lewat PT Astra Interntional Tbk sebagai induk dari Astra Honda Motor. 
 
Di segmen roda dua, Honda masih menjadi penguasa pasar. Dari proyeksi penjualan kendaraan roda dua tahun ini sebesar 6,3 juta unit Honda menggenggam 74,9% pangsa pasar, sedangkan Yamaha 22,5%. 
 
 

Ini artikel spesial

Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah mendaftar dan login
DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag

TERBARU

[X]
×