kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,37   -2,84   -0.28%
  • EMAS961.000 -0,21%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.32%

Grab Indonesia lanjutkan relaksasi keuangan untuk mitra pengemudi terdampak covid-19


Rabu, 27 Mei 2020 / 18:48 WIB
Grab Indonesia lanjutkan relaksasi keuangan untuk mitra pengemudi terdampak covid-19
ILUSTRASI. Pengemudi ojek online mitra Grab mengambil pesanan pelanggan di salah satu gerai makanan di Tangerang Selatan, Minggu (17/5). KONTAN/Carolus Agus Waluyo/17/05/2020.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Grab Indonesia melanjutkan langkah-langkah relaksasi keuangan dalam bentuk restrukturisasi kredit dan penundaan biaya rental untuk meringankan beban mitra pengemudi menghadapi dampak dari Covid-19.

Sebelumnya, Grab telah berhasil menjembatani  proses restrukturisasi kredit bagi mitra pengemudi dengan perusahaan pembiayaan dari grup OTO dan BCA Finance. 

Oleh karena itu, Grab bersama perusahaan rental kendaraan, PT Teknologi Pengangkutan Indonesia (TPI) meluncurkan program yang diharapkan dapat membantu keberlangsungan pendapatan mitra pengemudi yang dilakukan tanpa melalui persyaratan verifikasi sebelumnya dan ini berlaku untuk semua mitra pengemudi TPI. Program ini dibagi dalam dua klasifikasi, yakni Gold dan Flexi+, dan Sahabat Rental.

Baca Juga: Layanan pengiriman makanan Gojek dan Grab naik dua digit saat Ramadan

Secara umum, paket relaksasi ini dijalankan dalam beberapa fase waktu, yakni April-Mei dan Juni dan setelahnya. Pada fase pertama, untuk pengemudi Gold dan Flexi+ diberi penundaan pembayaran Biaya Rental (rental fee) selama 2 (dua) bulan.

Biaya rental baru akan dihitung kembali pada awal Juni. Sementara untuk pengemudi Sahabat Rental, dibebaskan dari biaya rental periode April - Mei  2020, serta mendapat asuransi kesehatan dan jiwa senilai Rp10 juta.

“Kami mencari solusi yang merupakan titik temu dari semua pihak, pengemudi tentu perlu dibantu dan TPI juga menjaga kelangsungan bisnisnya. Prinsip dari program relaksasi ini adalah win-win dan transparansi,” ujar Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia dalam keterangannya, Rabu (20/5).

Memasuki fase kedua, yang akan berjalan pada bulan Juni, pengemudi Gold dan Flexi+ hanya akan membayar 25% dari kewajiban setiap bulan.

Baca Juga: Bisnis Grab melorot karena corona, insentif driver dikurangi

Sementara kategori Sahabat Rental untuk TPI area Jakarta diubah menjadi  program baru yaitu Program Spesial Covid-19 Rental Juni di mana mitra hanya membayar Biaya Sewa flat Rp50 ribu per hari yang diperuntukkan untuk mitra pengemudi yang saat ini aktif.

“Dalam kondisi seperti ini, kami memprioritaskan yang paling utama, yaitu mitra tetap dapat beroperasi dengan memaksimalkan peluang yang ada,” ujar Neneng.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Sukses Berkomunikasi dengan Berbagai Gaya Kepribadian Managing Procurement Economies of Scale Batch 7

[X]
×