Reporter: Yuliana Hema | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra), entitas anak Grup Telkom yang bergerak di bidang investasi digital, terus mendorong pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan analitik data melalui anak usahanya, PT Infomedia Nusantara (Infomedia) dan PT Metra Digital Media (MDMedia).
Infomedia telah menggarap 172 proyek use case hingga kuartal I-2025, mencakup berbagai sektor strategis, termasuk Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN, PT Pegadaian, dan PT Pertamina.
Baca Juga: TelkomMetra Dorong Ekspansi Industri Konten Indonesia ke Pasar Global
Direktur Utama Infomedia Eddy Sofryano mengatakan bahwa fokus utama perusahaan adalah menciptakan nilai bisnis yang konkret melalui solusi AI, otomatisasi (automation), dan analitik data.
“Transformasi digital yang kami jalankan bukan sekadar eksplorasi, melainkan implementasi nyata yang memberikan dampak langsung. Tahun ini, AI menjadi pendorong utama penciptaan nilai bisnis,” jelas Eddy saat ditemui belum lama ini.
Solusi AI Infomedia telah diterapkan untuk mempercepat proses rekrutmen menggunakan teknologi screening dan online proctoring, serta mengotomatisasi proses administrasi melalui Robotic Process Automation (RPA) dan Document AI.
Selain itu, layanan pelanggan Infomedia juga mengalami peningkatan signifikan, dengan lebih dari 19 juta interaksi yang ditangani chatbot "A", serta pemrosesan lebih dari 2,7 juta dokumen melalui teknologi Optical Character Recognition (OCR).
“Hasilnya, kami berhasil menekan biaya operasional hingga 25%, dengan tingkat akurasi validasi data yang mencapai lebih dari 90%,” ungkap Eddy.
Sementara itu, MDMedia yang fokus di sektor komunikasi dan periklanan digital, menghadirkan platform AdXelerate.
Baca Juga: Potensi Bagi Dividen Lebih Besar, Intip Rekomendasi Telkom (TLKM)
Platform ini menggabungkan teknologi AI dan analitik data untuk melakukan segmentasi audiens secara cerdas, tanpa bergantung pada cookies maupun keharusan login.
Direktur Operasi dan Penjualan MDMedia, Pujo Pramono, menjelaskan bahwa AdXelerate dikembangkan sebagai solusi iklan digital yang lebih efektif dan efisien.
“AdXelerate mampu meningkatkan efektivitas kampanye hingga 3,5 kali lipat dan menurunkan biaya akuisisi pengguna sampai 71%,” ujarnya.
Selanjutnya: Hindari Hubungan yang Tidak Sehat dengan Memahami Ciri-Ciri Orang Manipulatif
Menarik Dibaca: Harga Samsung S24 Ultra Mei 2025 Lebih Murah dari iPhone 16? Cek di Sini!
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News