kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga batubara meningkat, Mitrabahtera Segara (MBSS) optimis kinerja ikut terangkat


Senin, 28 Desember 2020 / 20:20 WIB
Harga batubara meningkat, Mitrabahtera Segara (MBSS) optimis kinerja ikut terangkat
ILUSTRASI. PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS)


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten pelayaran, PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS) optimis kenaikan harga batubara yang berlangsung lama, bakal menyumbang dampak positif pada bisnis Perseroan. Harga batu bara acuan (HBA) ICE Newcastle menguat 0,3% sepanjang pekan ini ke US$ 84,5/ton, dan berada di dekat level tertinggi sejak Mei 2019. Batu bara kini mampu membukukan penguatan 10 pekan beruntun, dengan total nyaris 47%.

Berkat kinerja tersebut, harga batu bara secara year-to-date kini mencetak penguatan lebih dari 22% setelah berada di zona merah sejak akhir Maret hingga 24 November lalu. "Bila kenaikan harga batubara mencapai US$ 84/ton berlangsung lama, kami mengharapkan mempunyai dampak positive pada bisnis MBSS," ujar Direktur MBSS, Burhan Sutanto kepada Kontan, Senin (28/12).

Ia melanjutkan, jika tren ini terus bertahan, tentu akan meningkatkan pengiriman ekspor pula. MBSS juga menyebutkan, kinerja kuartal III 2020 merosot akibat pelemahan harga batu bara, penurunan permintaan, dan penutupan sementara pelabuhan di beberapa negara akibat pandemi COVID-19 yang menurunkan permintaan pengiriman dari mitra kerja perseroan.

Baca Juga: Mitrabahtera Segara (MBSS) realisasikan capex sebesar US$ 10,1 juta di kuartal III

Pada kuartal III 2020, MBSS membukukan rugi bersih sebesar US$7,5 juta, sementara pada periode yang sama tahun lalu perseroan berhasil mencetak laba bersih periode berjalan sebesar US$424,649 juta. Selain itu, pendapatan MBSS juga turun 32,6% menjadi sebesar US$40,9 juta hingga kuartal III 2020 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar US$60,6 juta.

Untuk meringankan kerugian yang dibukukan, tahun depan, MBSS akan mengedepankan keunggulan operasional yang akan diberikan kepada customer. Tak hanya itu, MBSS juga akan mencari opportunity di market untuk meningkatkan produktifitas armada. Tak lupa, MBSS juga menerapkan cost reduction dan juga digitalisasi secara keseluruhan.

"Tentunya digitalisasi memberikan dampak positif terhadap kinerja perusahaan karena itu memungkinkan kami melakukan integrasi data yang ada dan dalam bisnis MBSS data itu bisa kami proses secara real time sehingga memungkinkan kami mengambil keputusan secara cepat," ungkap Burhan.

Selanjutnya: Utilitas kapal di masa pandemi hanya 89%, Mitrabahtera (MBSS) hati-hati tambah aset

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×