kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Beras di Pasar Induk Cipinang Terkerek Aksi Demo Tolak Aturan ODOL


Rabu, 23 Februari 2022 / 21:13 WIB
Harga Beras di Pasar Induk Cipinang Terkerek Aksi Demo Tolak Aturan ODOL
ILUSTRASI. Buruh angkut memindahkan beras ke dalam gudang yang di jual di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Selasa (19/05). Harga Beras di Pasar Induk Cipinang Terkerek Aksi Demo Tolak Aturan Odol.


Sumber: TribunNews.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Dampak aksi demo menolak kebijakan truk kelebihan muatan dan berdimensi lebih atau over dimension-over load (ODOL) di berbagai daerah, telah memicu kenaikan harga beras.

Wakil Ketua Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras Indonesia Billy Haryanto, menyampaikan, pada hari ini beras yang masuk ke Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur kurang dari 1.000 ton, sedangkan idealnya sehari 2.500 ton per hari.

Akibat dari kekurangan pasokan beras tersebut, kata Billy, harga jual beras menjadi meningkat. "Saat ini harga beras naik di angka Rp 200 sampai Rp 300 per kilogram.

Baca Juga: Ada Aturan Zero ODOL, Begini Tanggapan Putra Rajawali Kencana (PURA)

Kebijakan ODOL ini lebih banyak mudaratnya, semua logistik bermasalah, bukan hanya beras," kata Billy, Rabu (23/2/2022).

Selain beras, Billy menyebut harga komoditas lain di Jakarta seperti cabai turut terkerek naik gara-gara kebijakan ODOL.

Oleh sebab itu, Billy pun meminta pemerintah meninjau kembali kebijakan tersebut agar alur logistik kembali normal. "Ini kebijakan ekstrim, dampaknya juga cukup ekstrim," kata Billy.

Diketahui, sopir angkutan barang di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat menggelar demo memprotes aturan Kementerian Perhubungan tentang muatan truk obesitas atau ODOL.

Baca Juga: Kalangan Pengusaha Minta Kebijakan Zero ODOL Ditunda hingga 2025

Adapun Kementerian berencana menerapkan kebijakan zero ODOl mulai 1 Januari 2023.

Sopir meminta pemerintah mengkaji ulang aturan larangan truk ODOL, karena dinalai merugikan perusahaan pengangkutan.

Artikel ini telah terbit di Tribunnews.com dengan judul: Aksi Demo Tolak Aturan Odol Memicu Kenaikan Harga Beras di Pasar Induk Cipinang

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×