Reporter: Leni Wandira | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar motor gede (moge) premium di Indonesia kian bergairah. Harley-Davidson kembali memperluas jaringan pemasarannya dengan meresmikan dealer resmi Plaza Harley-Davidson of Surabaya, Jumat (25/10/2025).
Kehadiran dealer keenam ini menjadi langkah strategis pabrikan asal Amerika Serikat itu memperkuat penetrasi di Indonesia, terutama di Jawa Timur yang dikenal sebagai salah satu basis komunitas moge terbesar.
Pembukaan dealer ini menandai semakin agresifnya Harley-Davidson menggarap segmen motor premium di luar Jakarta. Terlebih, Surabaya dan kota-kota penyangga seperti Gresik, Sidoarjo, hingga Malang memiliki potensi pasar yang besar, ditopang daya beli tinggi dan komunitas aktif.
Baca Juga: Harga Harley-Davidson di RI Tak Terdampak Tarif AS, Berkat Impor dari Thailand
“Pembukaan dealer ke-6 ini merupakan langkah strategis untuk semakin mendekatkan diri kepada para penggemar Harley-Davidson di berbagai daerah,” ujar Irvino Edwardly, Sales & Marketing Director JLM Auto Indonesia, distributor resmi Harley-Davidson di Indonesia di bawah Inchcape Indonesia dalam keterangannya Minggu (26/10/2025).
Keputusan memperkuat jaringan di Surabaya disebut selaras dengan pertumbuhan pasar moge di wilayah timur Jawa. Harley-Davidson membidik bukan hanya penjualan unit sepeda motor baru, tetapi juga peningkatan kontribusi dari lini bisnis aksesori, suku cadang (parts), merchandise, hingga layanan purnajual.
Peresmian dealer juga menjadi sinyal persaingan pasar moge premium bakal semakin ketat. Pasalnya, pabrikan Jepang seperti Honda dan Yamaha telah memperkuat lini moge, sementara brand Eropa seperti BMW Motorrad dan Ducati gencar menyasar segmen premium.
Analis menilai penambahan dealer menjadi kunci memperluas basis pelanggan. Minimnya jaringan purnajual sering menjadi hambatan konsumen moge di luar Jakarta.
Dalam peresmian tersebut, Mark O’Flaherty, Managing Director Asia Emerging Markets and India Harley-Davidson Motor Company (HDMC), menyerahkan penghargaan “Fuel Dealer” kepada Plaza Harley-Davidson Surabaya—menjadikannya dealer ketiga di Indonesia yang menerapkan identitas korporat terbaru HDMC.
Baca Juga: Road Glide Jadi Andalan Penjualan Harley-Davidson di Kuartal I-2025
“Pemilihan Plaza Group didasarkan pada kapabilitas dan pengalamannya, serta potensi besar komunitas Harley-Davidson di Jawa Timur,” kata Irvino.
Berdiri di atas lahan 1.250 m², dealer baru ini mengadopsi konsep Fuel Design Concept, yang memperkuat peran dealer bukan hanya sebagai titik penjualan, tetapi sebagai community hub. Lokasi ini dilengkapi showroom motor terbaru, layanan test ride, suku cadang, official apparel, dan merchandise.
Area lantai dua didesain sebagai ruang komunitas lengkap dengan bar, games & entertainment area (biliar, foosball, dart), dan sekretariat H.O.G. Plaza Surabaya Chapter—menegaskan peran dealer sebagai “rumah kedua” bagi pemilik Harley-Davidson.
Selanjutnya: Aspadin Pastikan Industri AMDK Patuhi Regulasi Pemanfaatan Air Tanah
Menarik Dibaca: Apa yang Terjadi Apabila Mengonsumsi Ayam Setiap Hari?
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News













