kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Heboh Harley-Davidson selundupan, pabrikan moge ini bukan cuma buat mesin motor


Kamis, 05 Desember 2019 / 23:21 WIB
Heboh Harley-Davidson selundupan, pabrikan moge ini bukan cuma buat mesin motor
ILUSTRASI. Logo Harley-Davidson di salah satu motor di sebuah diler di Paris, Prancis, 16 Agustus 2018.

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Harley-Davidson selundupan sedang jadi trending topics, menyusul penyelundupan suku cadang motor gede ini melalui pesawat Airbus A330-900 Neo milik Garuda Indonesia pertengahan bulan lalu.

Tapi, selama beberapa dekade, Harley-Davidson jadi salah satu industri roda dua terbesar yang pernah ada. Pabrikan yang terkenal dengan motor ber-cc besar ini memantapkan diri sebagai yang terdepan dalam industri kendaraan roda dua.

Wiliam A. Davidson, William S. Harley, Walter Davidson, dan Arthur Davidson merupakan sosok di balik nama besar Harley-Davidson. Berbasis di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat (AS), perusahaan ini berdiri 1903 silam.

Baca Juga: Ramai Harley-Davidson selundupan, ini hitungan pajaknya

Tapi siapa sangka, di era 1913 sampai 1981 lalu, Harley-Davidson pernah mencoba membuat mesin selain motor. Pabrikan ini rupanya pernah membuat mesin untuk alat transportasi komersial sampai perangkat militer.

Penasaran? Melansir GridOto.com, berikut lima mesin lain yang pernah Harley-Davidson produksi selain motor:

1. Kendaraan logistik

Pada 1913 hingga 1915, Harley-Davidson membuat kendaraan untuk pengiriman komersial yang mereka beri nama Forecar. Forecar menggunakan mesin dua silinder yang menggerakkan roda belakang menggunkan rantai.

Baca Juga: Kasus moge Harley selundupan, Sri Mulyani: Kerugian negara capai Rp 1,5 miliar

Kendaraan ini berjenis kendaraan roda tiga, dengan dua roda di depan yang menjadi tumpuan kotak pengiriman. Forecar mampu membawa beban seberat 272 kg yang biasanya berupa surat ataupun barang belanjaan.

2. Pemotong rumput




TERBARU

Close [X]
×