kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS918.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

HERO jual IKEA Sentul City ke Archipelago Property senilai Rp 280 miliar


Rabu, 01 September 2021 / 16:21 WIB
HERO jual IKEA Sentul City ke Archipelago Property senilai Rp 280 miliar
ILUSTRASI. HERO Buka Gerai Kedua Ikea di Sentul City (28/11).

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hero Supermarket Tbk atau HERO melaporkan, IKEA Sentul City di Bogor telah dijual kepada PT Archipelago Property Development atau APD senilai Rp 280 miliar.

"Total nilai transaksi seluruhnya adalah Rp 280 miliar (dua ratus delapan puluh miliar rupiah)," tulis direksi perseroan yang dikutip Kompas.com dari laman keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (01/9).

Perseroan dengan APD telah menandatangani akta jual beli aset berupa tanah dan bangunan sejak 27 Agustus 2021.

Sebagai informasi, aset tanah dan bangunan IKEA Sentul City berada di Jalan MH Thamrin, Citaringgul, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Dalam laman keterbukaan tersebut, dilaporkan bahwa APD bertindak sebagai pembeli IKEA Sentul City sekaligus perusahaan terafiliasi HERO.

Baca Juga: HERO Mengubah Gerai Giant Menjadi IKEA

Saham APD yang berdiri sejak tahun 2016 ini, mayoritas dipegang oleh The Dairy Farm Company Ltd sebesar 75 persen dan sisanya atau 25 persen oleh Mulgrave Corporation B.V. 

Direksi HERO mengungkapkan, perseroan saat ini menghadapi kondisi perdagangan yang menantang disebabkan oleh Pandemi Covid-19 dan lemahnya kinerja perekonomian. Hal ini mengakibatkan kinerja keuangan yang menantang pada tahun 2020 dan diprediksi kondisi ini tetap terjadi tahun 2021.

 

 

Posisi neraca keuangan HERO juga telah menurun secara signifikan selama 12 bulan terakhir dengan membukukan posisi kas bersih sebesar Rp 168 miliar pada tanggal 31 Desember 2020.

Selanjutnya, perseroan melaporkan posisi utang bersih sebesar Rp 463 miliar pada 31 Desember 2020.

Setelah tinjauan bisnis strategis terperinci, HERO mengumumkan mengubah pendekatan perdagangannya dengan meningkatkan merek dagang IKEA, Guardian, dan Hero Supermarket dari Giant.

Baca Juga: Hero Supermarket (HERO) pastikan gerai keempat IKEA beroperasi di akhir 2021

Menyusul pengumuman ini, persusahaan telah menjajaki divestasi sejumlah properti yang dimiliki. Ini dilakukan demi memberikan fleksibilitas neraca lebih baik untuk menunjang jalannya kegiatan usaha selama Pandemi Covid-19 serta inisiatif pertumbuhan masa depan.

Saat ini, toko IKEA tersebut disewakan Perseroan kepada anak perusahaannya yaitu PT Rumah Mebel Nusantara atau RUMAH melalui perjanjian sewa-menyewa.

Setelah melalui negosiasi, Perseroan pun akhirnya menjual IKEA Sentul City kepada APD yang kemudian akan disewakan kembali kepada RUMAH. (Suhaiela Bahfein)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "HERO Jual IKEA Sentul City kepada Perusahaan Afiliasi Senilai Rp 280 Miliar"

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×