kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,71   -13,81   -1.48%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

HK Realtindo akan bangun Sumatera Integrated City


Jumat, 25 Agustus 2017 / 19:48 WIB
HK Realtindo akan bangun Sumatera Integrated City


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - Sebagian ruas dari jalan tol Trans Sumatera akan mulai beroperasi tahun ini. Tol yang ditargetkan beroperasi diantaranya adalah Medan-Binjai, Palembang-Indralaya, dan Bakauheni-Terbagi Besar.

Dengan beroperasinya tol tersebut, pengembangan bisnis properti di sekitar koridor tol akan semakin menarik. Salah satu pengembang yang sudah mempersiapkan pembangunan proyek properti disana adalah PT HK Realtindo.

Pengembangan properti tersebut, rencananya akan dimulai tahun ini meskipun dari ketiga ruas tadi belum bisa beroperasi secara penuh. Misalnya, Tol Medan-Binjai baru akan beroperasi untuk seksi II sepanjang 6,18 km dan seksi II sepanjang 4,8 km. Adapun tol Palembang-Indralaya, yang akan beroperasi baru seksi I sepanjang 7,75 km.

HK Realtindo tertarik mengembangkan proyek properti di sekitar tol Trans Sumatera karena kebetulan proyek tol tersebut digarap oleh induknya yakni PT Hutama Karya. 

"Kami akan mengembangkan Sumatera Integrated City (SIC) sesuai dengan jalur tol yang digarap induk mulai dari Lampung sampai Medan," kata Taufik Hendra Kusuma, Direktur Keuangan HK Realtindo pada KONTAN baru-baru ini.

Menurut Taufik, dengan rampungnya jalan tol Trans Sumatera nanti maka propek bisnis properti di koridor jalan tol tersebut akan semakin menarik. HK Realtindo sudah mulai melakukan akuisisi lahan di sejumlah lokasi tol Trans Sumatera.

Pengembangan SIC akan dimulai tahun ini. HK Realtindo akan memulai pengembangan di dua kawasan dulu yakni Kota Baru, Lampung dan Indralaya. "Mulai tahun ini kami sudah akan fokus mengembangkan SIC. Tapi yang optimis bisa muali diluncurkan baru di Lampung dan Indralaya," kata Taufik.

Di Lampung, HK Realtindo telah memiliki lahan cukup besar lebih dari 1.000 hektare (ha) yang akan dikembangkan bekerjasama dengan BUMD Lampung. Namun, tahap pertama akan dikembangkan 50 ha terlebih dahulu untuk kawasan perumahan.

Sementara di Indralaya, perusahaan akan mengembangkan lahan seluas 6 ha. Lahan ini akan dibangun menjadi kawasan terpadu atau mixed use yang terdiri dari hunian, shopping center, dan hotel.

HK Realtindo akan terus melakukan akuisisi lahan dipanjang koridor jalan tol yang dibangun Hutama Karya baik dengan akusisi sendiri maupun dengan mengandeng kerjasama dengan perusahaan lokal atau BUMD setempat.

Deengan pengembangan Sumatera Integrated City maka proyek landed house alias rumah tapak yang akan digarap HK Realtindo akan semakin banyak ke depan karena potensi lahannya masih sangat besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×