Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto
KONTAN.CO.ID - Jakarta. Program recall mobil kembali terjadi di Indonesia. Kali ini, recall mobil dilakukan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM), agen pemegang merek Honda di Indonesia.
HPM mengumumkan program pemanggilan untuk perbaikan alias recall, bagi beberapa modelnya yang dipasarkan di Indonesia. Recall mobil Honda ini akibat masalah fuel pump.
Recall mobil Honda ini melibatkan 85.025 unit dari berbagai tipe. Recall mobil Honda tersebutm terdiri dari Honda Brio, Mobilio, Jazz, BR-V, HR-V, CR-V, City, Civic dan Accord dengan tahun model antara 2017 hingga 2019.
Baca juga: Lelang rumah murah di Peninggilan Permai, Ciledug, hari ini terakhir pendaftaran
Program perbaikan komponen fuel pump ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya masalah mesin yang tidak dapat dinyalakan. Bahkan kondisi mesin berhenti beroperasi secara tiba-tiba saat mengemudi dikarenakan fuel pump tidak bekerja sebagaimana mestinya.
Denny MT, Service & Parts Asst. General Manager PT HPM mengatakan, recall mobil Honda ini merupakan bagian dari upaya HPM untuk selalu memastikan kendaraan konsumen berada pada standar keselamatan dan kualitas yang tertinggi, dan dilakukan tanpa memungut biaya apapun.
"Mengingat pentingnya program ini, kami menghimbau dan mengingatkan kembali kepada konsumen yang kendaraannya teridentifikasi untuk segera membawa mobilnya ke bengkel resmi Honda untuk proses pemeriksaan dan penggantian komponen," ucap Denny dalam keterangan resminya, Rabu (15/7/2020).
Baca juga: Sudah ada 400 karyawan Garuda Indonesia yang memilih pensiun dini
Kampanye recall mobil Honda untuk penggantian komponen fuel pump mulai dilakukan dari hari ini (15/7/2020) secara bertahap di seluruh Indonesia. Honda telah mengirimkan surat pemberitahuan langsung kepada para pemilik kendaraan yang teridentifikasi.
Tinggal booking
Selain itu, konsumen dapat melihat informasi mengenai kampanye ini dan kendaraan yang teridentifikasi di situs resmi Honda Indonesia. Apabila kendaraan konsumen telah berpindah tangan, konsumen dapat menghubungi Honda Customer Care pada hari kerjan dari pukul 08.00 sampai 17.30 WIB.
Baca juga: Mencari alternatif moge bekas seharga kawasaki ZX-25R, pilihannya beragam
Untuk proses penggantian komponen fuel pump, konsumen dapat langsung menghubungi bengkel resmi Honda terdekat atau membuat janji (booking) melalui aplikasi Honda e-Care yang dapat diunduh pada App Store atau Play Store. Bagi konsumen yang melakukan booking untuk penggantian Fuel Pump dengan menggunakan aplikasi Honda e-Care, akan mendapatkan 1 liter oli atau 1 botol Engine Cleaner gratis selama periode bulan Juli – September 2020.
Demi kenyamanan konsumen, dealer resmi Honda menerapkan Protokol Kesehatan pencegahan COVID-19 sesuai dengan prosedur atau panduan yang dikeluarkan pemerintah. Mulai dari pemeriksaan kesehatan kepada setiap personel diler, penerapan physical distancing di penerimaan dan ruang tunggu, serta proses sanitasi terhadap fasilitas diler dan kendaraan pelanggan.
Sementara untuk proses penggantian komponen tersebut diperkirakan memakan waktu 60–90 menit. Honda juga memberikan pilihan layanan pick up service sesuai dengan ketersediaan layanan di masing-masing diler resmi Honda.
(Stanly Ravel)
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Fuel Pump Bermasalah, Honda Recall 85.000 Unit Mobil di Indonesia",
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News