Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Huawei Tech Investment menyampaikan bahwa saat ini bisnisnya terbagi menjadi empat segmen, yakni carrier, consumer, enterprise dan cloud computing. Pengembangan ini juga dilakukan oleh Huawei secara global di 170 negara di dunia.
Dani K Ristandi, Direktur SDM Huawei Tech Investment menyampaikan, segmen carrier menyasarkan bisnis telekomunikasi dengan target operator. Sejauh ini pendapatan terbesar perusahaan disumbang oleh segmen tersebut.
“Operator masih menjadi klien terbesar, tetapi menarik di glibal itu segmen consumer dan enterprise sudah mulai meningkat bukan hanya carrier,” ujarnya kepada Kontan.co.id, Jumat (24/8)
Sayang dirinya belum mau membeberkan berapa kontributor segmen carrier terhadap bisnisnya, kendati demikian dirinya mengatakan ada peningkatan dari segmen lainnya. Hal ini terjadi dengan semakin adaptifnya penerapatan teknologi baru yang dilakukan di domestik.
Segmen konsumer misalnya, dirinya mengatakan secara global ponsel Huawei sudah menempati posisi dua di global menyalip Apple. Sedangkan untuk segmen enterprise dan cloud computing secara perlahan demand mulai mengalami pertumbuhan.
“Kami juga masuk enterprise, bisa dikatakan semua perusahaan di luar operator itu enterprise mulai dari pemerintahan, perusahaan migas, transportasi, power company itu semua masuk ke sana,” lanjutnya.
Sedangkan bisnis cloud yang terkait dengan big data perusahaan juga mengembangkan, sudah mengalami tren yang baik secara bisnis. Apalagi potensi Indonesia masih sangat besar sebagai pasar yang mulai menerapkan big data.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News