kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45867,20   12,42   1.45%
  • EMAS1.357.000 -1,02%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hyundai Perkenalkan Mobil Listrik Flagship Ioniq 5 N, Apa Istimewanya?


Jumat, 07 Juni 2024 / 15:19 WIB
Hyundai Perkenalkan Mobil Listrik Flagship Ioniq 5 N, Apa Istimewanya?
ILUSTRASI. Hyundai Motor Company siap menjadi yang terdepan dalam menghadirkan high-performance EV


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mobil listrik berperforma tinggi (high-performance EV) siap menggebrak dunia otomotif. Berdasarkan riset, nilai pasar global untuk high-performance EV diperkirakan mencapai US$ 243,15 miliar atau sekitar Rp 4.000 triliun pada tahun 2028.

Pertumbuhan pesat ini didorong oleh kemajuan teknologi baterai mobil listrik yang semakin efisien dalam menyimpan dan menyalurkan energi, serta memungkinkan pengisian daya yang lebih cepat, sehingga high-performance EV semakin menjanjikan.

Di tengah perkembangan ini, Hyundai Motor Company siap menjadi yang terdepan dalam menghadirkan high-performance EV inovatif bagi para pengendara. Strategi ini sesuai dengan visi perusahaan, Progress for Humanity, yang mendorong Hyundai untuk terus berinovasi menciptakan solusi mobilitas masa depan terbaik.

Baca Juga: Hyundai Mulai Buka Pre-Booking All New Kona Electric, Harga Mulai Rp 500 Jutaan

Hyundai selalu melihat ke masa lalu untuk menciptakan inovasi masa depan. "Menapak tilas kontribusi perusahaan terhadap evolusi industri otomotif adalah cara Hyundai untuk terus menjadi game-changer di tengah dunia yang terus berubah," ungkap Manajemen Hyundai Motor Company dalam keterangan tertulis, Kamis (6/6).

Dalam menciptakan high-performance EV, Hyundai mengingat kembali salah satu tonggak sejarah perusahaan yaitu Hyundai Pony.

Pony adalah mobil pertama Korea Selatan yang diproduksi secara massal dan diekspor. Diluncurkan pada 1974 dengan desain autentik dan timeless, Pony menjadi mobil terpopuler di Korea Selatan saat itu. Pada 1976, Pony meraih 44% pangsa pasar dan menjadi mobil pertama bagi banyak orang di Korea Selatan.

Selain Pony, Hyundai juga menciptakan Pony Coupe Concept dengan desain geometris yang futuristis, yang menjadi terobosan pada masanya dan memberikan pengaruh besar pada desain produk Hyundai selanjutnya. "Kini, kita bisa melihat bagaimana Pony dan Pony Coupe menjadi inspirasi dalam menciptakan Ioniq 5," jelas Manajemen Hyundai Motor Company.

Saat dunia beralih ke mobilitas terbarukan dengan kendaraan listrik, Hyundai berada di garis depan dengan varian mobil listriknya, salah satunya Ioniq 5. Terinspirasi dari Pony Coupe Concept, Ioniq 5 memiliki desain monocoque dan aerodinamis.

Ioniq 5 menggunakan platform Electric-Global Modular Platform (E-GMP), memungkinkan kapasitas baterai besar dan kompatibel dengan teknologi pengisian daya ultra cepat. E-GMP juga memungkinkan performa dan efisiensi yang lebih baik, serta fitur-fitur inovatif seperti Vehicle-to-Load (V2L), Hyundai SmartSense, dan Hyundai Bluelink.

Ioniq 5 menawarkan performa optimal dengan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 8,5 detik untuk tipe Prime Standard dan Signature Standard, serta 7,4 detik untuk tipe Prime Long Range dan Signature Long Range. Ruang kabin yang luas juga menambah kenyamanan berkendara.

Seperti Pony dan Pony Coupe Concept, Ioniq 5 menjadi capaian penting bagi Hyundai dalam memimpin elektrifikasi di industri otomotif global, termasuk Indonesia. "IONIQ 5 adalah mobil listrik pertama yang diproduksi di Indonesia melalui pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) di Cikarang, Jawa Barat," terang Manajemen Hyundai Motor Company.

Baca Juga: Hyundai Resmi Jual New Palisade XRT, Ini Harganya

Meski sudah memiliki berbagai model mobil listrik seperti Ioniq 5, Ioniq 6, dan Kona Electric di Indonesia, Hyundai terus berinovasi. Hyundai memperkenalkan Ioniq 5 N sebagai high-performance EV pertama dalam Hyundai N Brand, menawarkan pengalaman berkendara yang bertenaga dengan output daya maksimum 478 kW atau 650 PS dan torsi maksimum 770 Nm.

Didukung dual-motor yang memungkinkan putaran hingga 21.000 RPM, Ioniq 5 N dapat mencapai kecepatan maksimum 260 km/jam dan akselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,4 detik. Performa tinggi ini diimbangi dengan baterai generasi terbaru berkapasitas 84 kWh.

Ioniq 5 N dirancang dengan tiga pilar DNA Hyundai N: Corner Rascal, Everyday Sports Car, dan Race Track Capability, memberikan pengalaman berkendara yang dinamis dan tak terlupakan. "Ioniq 5 N adalah jawaban bagi pencinta high-performance car untuk mengadopsi tren elektrifikasi sambil tetap menikmati sensasi berkendara yang mendebarkan," sebut Manajemen Hyundai Motor.

Kehadiran Ioniq 5 N menegaskan komitmen Hyundai dalam inovasi mobilitas masa depan dan kemajuan teknologi. Selain Ioniq 5 N, Hyundai N juga memiliki model high-performance lainnya seperti i10 N Line, i30 N Line, Elantra N Line, Sonata N Line, Kona N Line, dan Tucson N Line, semuanya dilengkapi teknologi canggih dan fitur terkini yang membedakannya di kelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×