kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hyundai Sebut Prospek Penjualan Mobil Listrik Tahun Ini Makin Menarik


Kamis, 16 Februari 2023 / 17:37 WIB
Hyundai Sebut Prospek Penjualan Mobil Listrik Tahun Ini Makin Menarik
ILUSTRASI. Mobil listrik?Hyundai Ioniq 5. PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menyebut prospek penjualan mobil listrik pada 2023 terbilang positif.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menyebut prospek penjualan mobil listrik pada 2023 terbilang positif.

Chief Operating Officer Hyundai Motors Indonesia Makmur menyampaikan, penjualan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 cukup mentereng yakni mencapai kisaran 2.000 unit pada 2022. Secara keseluruhan, penjualan mobil Hyundai pada 2022 lalu tercatat sekitar 30.000 unit.

Makmur pun mengakui, permintaan dari konsumen terhadap Ioniq 5 sejak pertama kali diperkenalkan pada Maret 2022 sangat tinggi, bahkan melebihi ekspektasi Hyundai. Tak ayal, banyak konsumen yang harus inden atau menunggu lama untuk mendapatkan mobil listrik pilihannya tersebut.

Baca Juga: Persaingan Makin Ketat, Perang Harga Menyelimuti Industri Kendaraan Listrik

Pihak Hyundai pun sudah menginformasikan kepada konsumen bahwa lama inden Ioniq 5 bisa mencapai satu tahun. Di sisi lain, Hyundai memastikan bahwa inden produk tersebut murni disebabkan oleh tingginya permintaan, bukan karena keterbatasan komponen seperti semikonduktor.

“Suplai Ioniq 5 kemarin sebenarnya sudah sesuai rencana, tapi kenyataannya permintaan tinggi sekali,” kata Makmur ketika ditemui awak media di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, Kamis (16/2).

Manajemen HMID mengklaim telah mendapat dukungan dari prinsipal Hyundai di Korea Selatan dan pemerintah Indonesia. Alhasil, kendala inden mobil listrik Hyundai bisa diminimalisir menjadi hanya 6 bulan.

Meski tidak menjelaskan secara rinci, Hyundai yakin penjualan Ioniq 5 akan tumbuh lebih baik pada tahun ini. Terlebih lagi, Hyundai memiliki kapasitas produksi mobil yang cukup mumpuni di pabriknya yang berada di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik Hyundai tersebut memiliki kapasitas produksi normal sebanyak 150.000 unit per tahun dan dapat ditingkatkan hingga 250.000 unit per tahun.

Hyundai juga tidak menutup kemungkinan akan merilis produk mobil listrik baru pada masa mendatang. Hanya saja, belum ada informasi detail yang bisa disampaikan pihak HMID terkait rencana peluncuran mobil listrik tersebut. “Tunggu tanggal mainnya saja,” tandas Makmur.

Baca Juga: IIMS Buka Jam Berapa? Cek Harga Tiket IIMS 2023 & Daftar Mobil yang Bisa Test Drive

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×