kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,66   17,31   1.89%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Idul Adha segera tiba, pedagang hewan kurban bersiap raih untung


Sabtu, 21 Juli 2018 / 10:36 WIB
Idul Adha segera tiba, pedagang hewan kurban bersiap raih untung
ILUSTRASI. 60.000 Domba Indonesia Siap Ekspor ke Malaysia


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - DEPOK. Menjelang hari raya Idul Adha pada Agustus mendatang, beberapa penjual sapi, kambing, dan domba mulai marak di pasaran. Baik itu pedagang musiman atau pedagang yang biasa berjualan terlihat menjajakan hewan kurban.

Lapak milik Rudi (40) di Jalan Juanda, Cisalak, Depok, misalnya. Perusahaan UD Hewan Vidha itu mulai menerima pesanan untuk Idul Adha sejak 8 Juli 2018. "Sudah mulai ada yang beli, sampai hari sekarang sudah terjual enam sapi. Ada yang beli ukuran besar, ukuran sedang, sampai kecil. Harganya beda, tergantung ukuran," ucap Rudi (40) di lapaknya, Jumat (20/7). Sapi yang sudah terjual nantinya akan diberi tanda berupa kertas karton berwarna biru yang dikaitkan ke tali di tanduk sapi.

Meski sudah terjual, sapi itu dititipkan di lapak penjual dan baru dikirim beberapa hari menjelang hari Idul Adha. "Sapi yang sudah laku tetap di sini untuk dirawat, baru pas mau Idul Adha dikirim ke tempat yang diminta pembeli," kata Rudi.

"Untuk beli bisa DP (down payment) minimal Rp 500 ribu, ada juga yang bayar Rp 1 juta. Tapi satu minggu sebelum Idul Adha harus sudah lunas," tuturnya.

Rudi mengatakan, biasanya momen Idul Adha ini dia bisa mendapat keuntungan sebanyak 50% dibanding hari biasa. "Saya bisa dapet untung Rp 300.000 per ekor kambing ya itu juga masih kotor, belum lagi tambah biaya operasional potong, dan biaya antar. Kalau sapi bisa untungnya sampai Rp 3 juta per ekor,” ucapnya.

Kambing dan sapi ini pun variasinya bermacam-macam. Jenis yang paling mahal adalah sapi limosin dan jenis kambing etawa. "Sapi limosin itu bisa sampai Rp 25 jutaan sedangkan kambing etawa bisa kena Rp 4 jutaan,” ucap Rudi.

Untuk pembeli, ada yang membeli secara perorangan dan ada juga pembeli yang membeli secara berpatungan. Ia juga mengatakan bahwa sapi dan kambingnya pun belum datang semuanya, masih sebagian.

"Ini masih ditambah lagi nanti, paling datangnya awal bulan ya, kan ramainya nanti awal-awal bulan," kata Rudi.

Sebagai informasi, lapak sapi milik Rudi menyediakan hewan kurban yang terbagi dalam tiga kategori, yakni ukuran besar, sedang, dan kecil dengan harga yang berbeda. Untuk sapi ukuran besar seberat 500 kilogram dijual Rp 27 juta. Sapi ukuran sedang seberat 360 kilogram dijual Rp 18,5 hingga Rp 19 juta. Sedangkan sapi ukuran kecil seberat 250 kilogram dijual seharga Rp 13 hingga 15 juta. (Cynthia Lova)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menjelang Idul Adha, Penjual Hewan Kurban Siap Meraup Keuntungan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×