kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45806,19   -5,40   -0.67%
  • EMAS1.055.000 -0,94%
  • RD.SAHAM -0.34%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Indomobil siap merakit mobil KIA di Indonesia


Selasa, 05 November 2019 / 13:39 WIB
Indomobil siap merakit mobil KIA di Indonesia
ILUSTRASI. The logo of Kia Motors is seen during the 2019 Seoul Motor Show in Goyang, South Korea, March 28, 2019.

Sumber: Kompas.com | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Indomobil Sukses Internasional melalui anak perusahaannya, PT Kreta Indo Artha, mengaku serius untuk mengibarkan merek mobil Kia di Indonesia.

Tidak hanya memperkenalkan mobil baru dan memperluas jaringan diler saja, agen pemegang merek (APM) Kia di Indonesia yang baru itu juga memiliki rencana untuk bisa merakit mobil di dalam negeri. Saat ini, seluruh produk Kia masih diimpor dalam bentuk completely built-up (CBU) dari Korea Selatan.

Baca Juga: Simak mobil bekas untuk keluarga seharga Rp 70 jutaan

"Tetapi semua itu tergantung pada economic of scale. Kita lihat dahulu, sejauh apa pasarnya menerima merek ini. Jika sudah mencapai titik tertentu, sudah dirasa visible, bisa dilakukan CKD (Completely Knocked Down)," kata Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo, saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

"Lagipula, pihak Indomobil sudah memiliki berbagai sarana termasuk pabrik perakitan. Jadi tinggal tunggu perkembangannya saja, sejauh apa. Kita sudah siap," kata dia.

Sebelumnya, Kia juga pernah menumpang rakit di pabrik perakitan milik Indomobil di Pulo Gadung, Jakarta, saat masih berada di bawah naungan PT Kia Motor Indonesia (KMI).

Namun, karena ada skema kerja sama ASEAN-Korea Selatan, membuat Pajak Bea Masuk (impor duty) menurun drastis, yang semula 40 persen, jadi 10-20 persen. Latar belakang ini membuat impor yang semula CKD menjadi CBU.

Baca Juga: Pilihan mobil seken Rp 150 jutaan, bisa dapat Fortuner lho

"Ke depannya, Kia ini sangat menjanjikan. Memang tidak langsung penjualannya 'meledak', tapi mereka sudah menyiapkan berbagai hal seperti barang-barang yang memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen," kata Ario.

Sebagai informasi, PT Kreta Indo Artha merupakan perusahaan patungan antara Indomobil Sukses Internasional (60 persen) dan Sarimitra Kusuma Ekajaya (40 persen) yang secara resmi menjadi APM Kia di Indonesia pada 17 Mei 2019.

PT KMI yang selama ini menjadi APM dan importir produsen otomotif asal Korea Selatan tersebut di dalam negeri sejak 17 April 2000 sudah resmi melepaskan diri.

"Kia akan datang dari awal lagi, sebagai merek baru di bawah Indomobil. Kami rencanakan akhir Oktober 2019 segala persiapan sudah selesai dan bisa kembali mengudara," kata Direktur Utama Indomobil Jusak Kertowidjojo beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Saudi Aramco aims to begin planned IPO on Nov. 3

 Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Serius di Indonesia, Kia Bisa Dirakit Lagi

Penulis : Ruly Kurniawan

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×