kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 merger, transaksi ditargetkan rampung akhir 2021


Kamis, 16 September 2021 / 23:21 WIB
Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 merger, transaksi ditargetkan rampung akhir 2021
ILUSTRASI. Pelayanan pelanggan di gerai Indosat Ooredoo Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (4/9/2021).


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ooredoo Group dan CK Hutchison sepakat untuk mengonsolidasikan bisnisnya di Indonesia melalui merger PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) dan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I).

Total nilai transaksi merger tersebut diperkirakan mencapai sekitar US$ 6 miliar atau setara Rp 85,2 triliun dengan asumsi kurs Rp 14.200 per dollar AS.

Chairman of the Board of Directors Ooredoo Group H.E. Sheikh Faisal Bin Thani Al Thani mengatakan, kedua belah pihak berharap, transaksi merger ini dapat rampung pada akhir tahun 2021.

Baca Juga: Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 bakal merger, nilai transaksinya Rp 85,2 triliun

"Penyelesaian transaksi merger akan bergantung pada persetujuan Ooredoo Group, CK Hutchison, pemegang saham Indosat Ooredoo, persetujuan peraturan serta syarat dan ketentuan lainnya," kata Faisal dalam keterangan resminya yang dirilis Kamis (19/6).

Nantinya, perusahaan gabungan Indosat Ooredoo dan H3I ini akan diberi nama PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison).

Faisal menyampaikan, merger ini akan menciptakan perusahaan telekomunikasi dan internet kelas dunia dengan skala yang lebih besar, lebih kuat secara finansial dan komersial, lebih kompetitif, serta memiliki keahlian untuk bersaing secara lebih efektif.

Pasalnya, Indosat Ooredoo dan H3I memiliki infrastruktur yang saling melengkapi. Kombinasi dari aset-aset ini memungkinkan perusahaan melakukan sinergi biaya dan capex sehingga menghasilkan efisiensi serta keuntungan yang lebih besar bagi semua pemangku kepentingan.

"Rasio proses (run rate) tahunan sebelum pajak diperkirakan dapat mencapai US$ 300-400 juta dalam tiga hingga lima tahun ke depan," ungkap kedua belah pihak dalam rilis pers yang sama.

Di samping itu, Indosat Ooredoo Hutchison juga dapat memanfaatkan pengalaman dan keahlian dari Ooredoo Group dan CK Hutchison, baik dari segi jaringan, teknologi, serta produk dan layanan.

Perusahaan merger ini juga akan diuntungkan dengan operasi multinasional Ooredoo Group dan CK Hutchison yang mencakup pasar utama di Eropa, Timur Tengah, Afrika Utara, dan Asia Pasifik.

Baca Juga: Indosat (ISAT) dan 3 Hutchison merger, ada potensi pendapatan US$ 3 miliar per tahun

Group Co-Managing Director of CK Hutchison Holdings Limited Canning Fok menambahkan, dengan skala yang lebih besar, spektrum yang lebih luas, dan struktur biaya yang lebih efisien, perusahaan merger ini akan berada pada posisi yang lebih baik untuk memperluas peluncuran jaringannya dan meningkatkan kualitas serta kecepatan layanan.

"CK Hutchison berinvestasi dan mengoperasikan bisnis telekomunikasi di 12 pasar di seluruh dunia. Banyak di antaranya telah berhasil meluncurkan jaringan 5G dan kami berharap dapat memperluas layanan 5G inovatif di Indonesia pada saat yang tepat," tutur Canning.

Asal tahu saja, dalam proses merger ini, JP Morgan berperan sebagai penasihat keuangan untuk Ooredoo Group. Sementara itu, Goldman Sachs & Co. dan HSBC bertindak sebagai penasihat keuangan CK Hutchison, serta Barclays sebagai penasihat keuangan Indosat Ooredoo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×