kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Industri kreatif memiliki celah untuk berkembang


Sabtu, 20 Oktober 2012 / 17:00 WIB
Industri kreatif memiliki celah untuk berkembang
ILUSTRASI. Papan penanda di Afghanistan sebagai peringatan bahwa Taliban berada di mana-mana.


Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Industri kreatif menjadi salah satu celah bisnis yang bisa menjadi harapan pemerintah untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Arief Yahya, di Jakarta Sabtu (20/10).

Yang termasuk industri kreatif itu antara lain pembuatan aplikasi, content, digital imaging, media dan banyak lagi. Salah satu pemain bisnis kreatif yang kaya raya adalah Robert Murdoch, si raja media yang memiliki jaringan media diseluruh dunia. Pria berusia 80 tahun itu memperoleh penghasilan hingga US$ 7,6 miliar atau sekitar Rp 68 triliun dari bisnis kreatif. 

Contoh lainnya adalah, Mark Zuckerberg, lelaki berusia 27 tahun yang memperoleh penghasilan US$ 17,5 miliar atau sekitar Rp 157 triliun dengan hanya menciptakan sosial media Facebook. "Industri kreatif digital ini sangat potensial," terang Arief.

Untuk di Indonesia sendiri, tambah Arief, industri kreatif memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi, terutama di sektor industri kreatif digital. Arief menerangkan, kontribusi industri kreatif terhadap Gross Domestic Product (GDP) Indonesia sebesar Rp 151 triliun, berkontribusi sebesar 7,28% dari total GDP tahun 2008.

Lima kontributor terbesar adalah fashion (43%), crafts (25%), iklan (8%), design (6%), dan musik (5%). "Kalau Indonesia mau bersaing dengan China dalam manufaktur, pasti akan susah. China sudah tercipta sebagai manufaktur dunia. Tapi, Indonesia bisa sukses dalam industri kreatif," tukas Arief.

Oleh sebab itu, tambah Arief, Indonesia harus mengembangkan dan menciptakan potensi-potensi baru dalam industri kreatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×