Reporter: Vina Elvira | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertumbuhan konsumen telekomunikasi segmen mobile diproyeksikan terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi. Ketergantungan masyarakat terhadap jaringan internet mendorong operator telekomunikasi untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan layanan.
PT Indosat Tbk (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menyiapkan sejumlah strategi guna memaksimalkan kinerja pada tahun ini. SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang, menyatakan bahwa Indosat akan fokus pada strategi go-to-market.
Strategi tersebut diwujudkan melalui perluasan jaringan, peningkatan kualitas layanan, serta inovasi produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Baca Juga: XL Axiata (EXCL) Prediksi Trafik Data Naik 40% Saat Cap Go Meh, Ini Persiapannya
“Indosat berkomitmen menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan dengan target pertumbuhan agresif seiring meningkatnya kebutuhan layanan digital berkualitas,” ujar Steve kepada KONTAN, akhir pekan lalu.
Untuk mendukung strategi tersebut, Indosat mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar Rp 13 triliun pada tahun ini.
Dana tersebut akan difokuskan pada investasi infrastruktur, pengembangan jaringan, serta ekspansi produk dan layanan guna memenuhi permintaan pelanggan yang terus berkembang.
“Upaya ini sejalan dengan misi perusahaan untuk menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” tambahnya.
Pada tahun lalu, Indosat mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 9,1% secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp 55,9 triliun.
Baca Juga: Kinerja XL Axiata (EXCL) Tahun Ini Dipengaruhi Hasil Merger dengan Smartfren (FREN)
Peningkatan ini didorong oleh perbaikan kualitas layanan dan kontribusi dari seluruh lini bisnis. Pendapatan dari layanan seluler tumbuh 7,5% (yoy), sedangkan segmen multimedia, data communication, and internet (MIDI) meningkat 23,4% berkat pertumbuhan layanan teknologi informasi (IT).