Reporter: Leni Wandira | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten Telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (EXCL) memprediksi ada lonjakan trafik data lebih dari 40% pada perayaan Cap Go Meh 2025. XL pun memastikan kesiapan jaringannya untuk mendukung kelancaran komunikasi pelanggan selama perayaan tersebut yang berlangsung di berbagai daerah di Indonesia.
Group Head Service Operation Management XL Axiata Waqas Malik menjelaskan meningkatnya aktivitas masyarakat untuk merayakan puncak perayaan Imlek, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik data dan layanan komunikasi lainnya.
Menurutnya, perayaan Cap Go Meh selalu menjadi momen penting bagi masyarakat Tionghoa di sejumlah kota di Indonesia.
Terlebih perayaan ini kini juga menjadi obyek wisata, seperti yang terlihat di Singkawang.
Baca Juga: Kinerja XL Axiata (EXCL) Tahun Ini Dipengaruhi Hasil Merger dengan Smartfren (FREN)
"Kami menyadari bahwa komunikasi yang lancar menjadi kebutuhan utama, terutama di momen spesial ini. Oleh karena itu, kami telah melakukan berbagai langkah optimasi jaringan agar pelanggan dapat menikmati layanan yang optimal," ujar Waqas dalam keterangan resminya, Senin (10/2).
XL Axiata memprediksi lonjakan trafik data hingga lebih dari 40% dibandingkan hari normal, terutama di kota-kota yang menjadi pusat perayaan Cap Go Meh, seperti Singkawang, Pontianak, Medan, Jakarta, Semarang, dan Surabaya.
Lonjakan ini terutama dipicu oleh penggunaan layanan streaming, media sosial, video call, serta aplikasi pesan instan yang ramai digunakan untuk berbagi momen perayaan.
Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, XL Axiata telah melaksanakan sejumlah langkah strategis, di antaranya optimasi dan peningkatan kapasitas jaringan di titik-titik strategis seperti tempat ibadah, pusat perayaan, serta area wisata yang menjadi destinasi utama masyarakat.
Kemudian, peningkatan jumlah BTS 4G LTE, termasuk penyediaan Mobile BTS (MBTS) di lokasi dengan potensi kepadatan pengguna yang tinggi.
Monitoring jaringan secara real-time selama perayaan untuk memastikan kualitas layanan tetap optimal.
Baca Juga: Laba Bersih XL Axiata (EXCL) Tumbuh 44,72% Pada 2024
Ia juga memastikan tim teknis yang siap siaga 24/7 untuk menangani potensi gangguan dan melakukan penyesuaian kapasitas sesuai kebutuhan di lapangan.
Hingga saat ini, jaringan XL Axiata telah menjangkau lebih dari 475 kota/kabupaten di Indonesia dengan total lebih dari 165.000 BTS, termasuk lebih dari 110.000 BTS 4G LTE yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Infrastruktur ini juga didukung oleh jaringan fiber optik yang memastikan konektivitas antar wilayah tetap stabil. Saat ini, tingkat keterhubungan jaringan fiber optik mencapai 63%, yang juga akan mempersiapkan implementasi 5G di masa depan.
Selain memastikan kesiapan jaringan, XL Axiata juga menyediakan layanan pelanggan yang siap membantu selama perayaan Cap Go Meh.
"Dengan berbagai langkah ini, XL Axiata berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, memastikan pengalaman komunikasi yang lancar dan berkualitas selama perayaan Cap Go Meh 2025," pungkasnya.
Selanjutnya: Prudential Indonesia Beri Proyeksi Asuransi Kumpulan Tumbuh di 2025, Ini Strateginya
Menarik Dibaca: 10 Makanan Penurun Gula Darah Tinggi Terbaik yang Direkomendasikan
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News