kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini cara Jero Wacik pilih pejabat teras di ESDM


Kamis, 31 Januari 2013 / 12:44 WIB
Ini cara Jero Wacik pilih pejabat teras di ESDM
ILUSTRASI. Ini daftar perbedaan hewan vertebrata dan invertebrata, bukan cuman tulang belakang. ANTARA FOTO/Dian Bawenti/Aws/hp.


Reporter: Oginawa R Prayogo | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM), Jero Wacik melantik tujuh pejabat baru di lingkungan Kementerian ESDM. Pergantian pejabat dilakukan karena sebagian pejabat sudah memasuki masa pensiun.

Dalam mencari sosok pengganti tersebut, Jero Wacik mengaku kesulitan mencarinya. Sebab, kata Jero, pejabat di Kementeriannya dipantau langsung Presiden SBY dan juga masyarakat umum.

Untuk itu, Jero Wacik mengaku memiliki lima kriteria dalam menetapkan pejabat teras di kementerian ESDM. Berikut 5 kriteria yang dimaksud:

Berintegritas tinggi

Menurut Jero kriteria ini sama seperti kriteria Presiden saat memilih menterinya. "Integritas itu loyal kepada negara jangan mau di remote yang negatif orang luar. Kecuali orang luar tersebut kasih saran yang positif," ujar Jero.

Setia dan ikuti perintah

Jero bilang anak buahnya harus setia dan taat mengikuti perintah dirinya dan juga perintah Presiden. "Kalau disuruh A ya harus A, jangan lakukan Z. Kalau tidak nanti ada klausul diberhentikan," tegas Jero.

Acceptance

Menurut Jero, pejabat yang dilantik menjadi eselon I itu harus bisa diterima acceptance atau diterima oleh lingkungannya. "Kalau belum diterima, ya coba ajak bertemu untuk menerangkan ke pihak lain. Mungkin mereka belum kenal, karena tak kenal maka tak sayang," ujar Jero.

Dia Jero dirinya, saat awal diangkat menjadi Menteri ESDM, dirinya juga tidak diterima oleh beberapa pihak, tapi Jero mengklaim bisa mengatasi hal tersebut.

Kapabilitas tinggi

Syarat ini berkaitan dengan kompetensi pejabat saat dilantik. Jero mengaku harus memiliki berpendidikan tinggi dan memiliki golongan pegawai yang sesuai.

Umur

Selain itu, Jero juga mempertimbangkan umur untuk menetapkan pejabat di Kementerian ESDM. Ia ingin, pejabat yang dilantik mempunyai jenjang umur yang berbeda. Hal itu bertujuan agar pegawai tersebut tidak pensiun dalam waktu yang bersamaan.

 "Pejabat yang saya lantik sekarang umurnya dari 49 tahun sampai 58 tahun. Jadi pejabat yang muda saya kasih kesempatan belajar agar setahun ke depan sudah menjadi hebat," ujar Jero.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×