kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini dia rute-rute yang dilalui bus JA Connexion


Selasa, 30 Mei 2017 / 14:49 WIB
Ini dia rute-rute yang dilalui bus JA Connexion


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Alternatif transportasi umum yang menghubungkan Bandara Soekarno Hatta menuju wilayah Jabodetabek bertambah dengan diluncurkannya Jakarta Airport (JA) Connexion, yakni sistem transportasi massal yang khusus melayani penumpang dari bandara langsung menuju hotel dan pusat perbelanjaan (mall) di Jakarta dan sekitarnya.

Elly Sinaga, Kepala Badan Pengatur Transportasi Jalan (BPJT) mengatakan, layanan ini merupakan kerjasama dengan sejumlah pihak, mulai dari operator bus, pengelola bandara Soekarno Hatta serta hotel dan mall yang ada di Jabodetabek.

Ia berharap kehadiran JA Connexion ini bisa membuat orang beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum sehingga bisa mengurangi kemacetan, terutama dari bandara ke wilayah Jabodetabek. "Sebanyak 100 kendaraan yang selama ini beroperasi nantinya bisa dilayani hanya dengan 5 bus saja," kata Elly, Selasa (30/5).

Saat ini ada empat operator kendaraan angkutan umum yang terlibat memberikan pelayanan JA Connexion yakni Perum Damri, Blue Bird, Sinar Jata dan PPD. Keempat perusahaan tersebut menyediakan 91 bus saat ini untuk JA Connexion ini.

Sebanyak 33 bus akan melayani angkutan dari Bandara Soekano Hatta ke hotel di Jabodetabek dan sebaliknya.  Sedangkan 58 kendaraan melayani bandara-mall.

Adapun tarif yang dikenakan untuk angkutan JA Connexion sebesar Rp 50.000. Untuk satu bulan ke depan, Perum PPD masih akan memberikan promo dengan mengenakan tarif Rp 25.000 dari Bandara ke mall di Jabodetabek.

Bluebird Grup melalui PT Big Bird Pusaka menyediakan 15 unit kendaraan JA Connexion untuk melayani empat rute yakni Bandara Soekarno Hatta menuju Hotel Borobudur, Hotel Alila - Hotel Luminor. Rute kedua menghubungkan bandara dengan Hotel Aryaduta dan Hotel Sari Pan Pacific.

Rute ketiga, Bandara Soekarno Hatta- Hotel Grand Cemara, Hotel Ibis Thamrin, dan Hotel Millenium. Sedangkan rute keempat menghubungkan Bandara dengan Hotel Grand Sahid Jaya, Mall Grand Indonesia, dan Hotel Ascot.

Sedangkan Perum Damri menyediakan 10 unit Kendaraan untuk melayani rute Bandara Soekarno-Hatta - Hotel Amaris Tamrin City.

Lalu Sinar Jaya Megah Langgeng menyediakan 16 unit bus dengan rute Bandara Soekarno Hatta-Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang, Bekasi dan Bandara Soekarno Hatta- Bogor Trade Mall.

Adapun Perum PPD akan menyiapkan 50 unit kendaraan untuk melayani lima rute. Pertama, rute Bandara Soekarno Hatta – Tol Airport Prof. Sedyatmo - Jl. Prof. Dr. Ratu Menten - Jl. Dr. Makaliwe - Jl. Letjend S. Parman - Kawasan Mall Taman Anggrek dengan 10 Unit bus.

Kedua, rute Bandara Soekarno Hatta – Tol Airport Prof. Sedyatmo - Tol Dalam Kota - JCC Senayan - Jl. Gerbang Pemuda - Jl. Asia Afrika - Kawasan Mall Plaza Senayan dengan 10 unit bus.

Rute ketiga, Bandara Soekarno Hatta – Tol Airport Prof. Sedyatmo - Tol Pelabuhan - Tol Ir. Wiyoto Wiyono - Cempaka Putih - Jl. Jend. Ahmad Yani - Kawasan ITC Cempaka Mas dengan menggunakan 10 unit kendaraan.

Keempat, rute Bandara Soekarno Hatta – Tol Airport Prof. Sedyatmo - Tol Pelabuhan - Tol Cempaka Putih - Jl. Perintis Kemerdekaan - Jl. Boulevard Utara Kelapa Gading - Kawasan Mall Kelapa Gading.

Kelima, rute Bandara Soekarno Hatta – Tol Airport Prof. Sedyatmo - Tol Dalam Kota - Tol Tanah Abang - Jl. Letjend S. Parman - Jl. Aipda Ks. Tubun Raya - Jl. Kb. Jati - ITC Tanah Abang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×