Reporter: Asnil Bambani Amri, Melati Amaya Dori | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. Kerusakan switch power window pada kendaraan Toyota tak hanya terjadi di Jepang, tetapi kasus serupa juga terjadi di Indonesia. Kasus ini menimpa Dyah Mega, salah satu pengguna mobil Toyota Vios produksi tahun 2006.
Menurut wanita berkacamata itu, kerusakan yang ia keluhkan sudah terjadi sejak tahun lalu. Kasus itu bahkan sudah dilaporkan ke dua diler milik Toyota. “Tak hanya satu diler, tetapi saya sudah mendatangi dua diler resmi Toyota,” katanya kepada KONTAN di Jakarta, Jumat (12/11).
Hingga kini, switch power windows pada mobil Vios itu sama sekali tidak berfungsi. “Kalau ingin membuka jendela sudah tak bisa. Kalau mau angin segar, terpaksa membuka pintu karena jendela tak berfungsi,” jelasnya.
Mega mengaku, mulanya pada switch power window mobil miliknya tak bisa beroperasi sempurna, hanya bisa berfungsi menurunkan kaca jendela tetapi tidak bisa menaikkan kaca jendela. “Sewaktu saya bawa ke diler, power window itu malah tak berfungsi sama sekali,” jelas Mega.
Saat itu, Mega mengaku bingung dengan kerusakan power window mobilnya tersebut. Apalagi, pihak diler merekomendasikan dirinya untuk mengganti power window pada Toyota Vios warna hitam tersebut. “Sampai sekarang saya belum ganti karena harganya mahal,” ungkap Mega.
Saat ini, Mega menanti adanya proses recall dari pihak Toyota. Ia berharap, pihak Toyota segera mengumumkan recall agar dirinya bisa melakukan perbaikan. “Kerusakan ini tiba-tiba, padahal power window itu dioperasikan secara normal,” katanya.
Toyota tak terima laporan
Berbeda dengan pernyataan dari Johnny Darmawan, Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM), yang mengaku sama sekali tidak menerima laporan kasus kerusakan power window untuk mobil Yaris, Vios, Corolla dan Camry di Indonesia.
"Jika power window bermasalah hal tersebut berpotensi menimbulkan korsleting. Namun, belum ada kasus kecelakaan atau komplain karena korsleting tersebut," tambah Jhonny kepada KONTAN, hari ini (12/10) di Jakarta.
Sementara itu, Mega selaku pengguna Vios mengaku sudah melaporkan kasus tersebut ke dua diler mobil Toyota. “Masalah ini (kerusakan power window) sudah saya laporkan ke dua diler. Saat diperiksa, malah kerusakannya tambah parah,” ungkap Mega.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News