kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini kesiapan Jasamarga Nusantara Tollroad hadapi lonjakan kendaraan Nataru


Rabu, 23 Desember 2020 / 23:16 WIB
Ini kesiapan Jasamarga Nusantara Tollroad hadapi lonjakan kendaraan Nataru
ILUSTRASI. Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) Seksi I Simpang Susun (SS) Tanjung Morawa-SS Parbarakan sepanjang 10,75 Km.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Regional Jasamarga Nusantara Tollroad (JNT) berkomitmen memberikan pelayanan optimal untuk pengguna sepanjang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Khususnya ruas tol di wilayah Sumatera Utara yakni Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) dan Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera).

Upaya-upaya mengantisipasi lonjakan kenaikan volume kendaraan juga sudah disiapkan.  Sebagaimana diprediksikan bahwa lonjakan volume kendaraan pada ruas tol ruas tol Belmera terjadi pada tanggal 23 Desember 2020 sebanyak 78.797 kendaraan dan pada tanggal 2 Januari 2020 sebanyak 77.653 kendaraan.

Sedangkan untuk ruas tol MKTT lonjakan diperkirakan terjadi pada tanggal 24 Desember 2020 sebanyak 25.069 kendaraan dan tanggal 3 Januari 2021 sebanyak 29.933 kendaraan.

Division Head JNT Teddy Rosady menjelaskan, dalam hal pelayanan lalu lintas, di jalan tol Belmera dan MKTT, sebanyak 7 armada Customer Service Mobile, 3 armada ambulans, 7 armada derek, 2 armada rescue dan 5 armada Patroli Jalan Raya disiagakan selama 24 jam.

Baca Juga: Ruas Tol Mebi dioperasikan secara fungsional untuk Natal dan Tahun Baru

Selain itu, di sepanjang ruas tol juga dioperasikan 254 unit Close Circuit Television (CCTV) untuk memonitoring kondisi lalu lintas dan 31 unit Variable Message Sign (VMS) sebagai papan informasi elektronik secara real time.

“Keberadaan seluruh armada layanan lalu lintas pun kami monitoring melalui pemasangan unit GPS, dan khusus untuk ruas tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, kami juga telah memasang 4 unit Smart CCTV yang berfungsi sebagai monitoring jumlah kendaraan secara real time”, ungkap Teddy dalam siaran resmi, Rabu (23/12).

Di bidang layanan konstruksi, JNT juga memastikan perkerasan jalan, sarana pelengkap jalan seperti marka, guide rail, dan perambuan di seluruh ruas tol terpenuhi sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Di tengah Pandemi Covid-19, JNT memastikan pelaksanaan kegiatan operasi Jalan Tol sesuai dengan ketentuan Surat Edaran Kementerian PUPR Nomor: 07/SE/M/2020 tanggal 2 April 2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan dan Penanggulangan Covid-19 di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Jalan Tol serta Transaksi di Gerbang Tol.

Mengacu dari Surat Edaran tersebut, JNT menyiapkan dan melaksanakan protokoler pencegahan penyebaran Covid-19 di antaranya dengan penyediaan Alat Pelindung Diri (APD), pengecekan suhu tubuh petugas operasional, dan penyemprotan disinfektan di gerbang dan gardu termasuk peralatan operasi secara berkala.

Keberadaan dan kesiapan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP)/rest area di sepanjang ruas Jalan Tol juga mendapat perhatian untuk dioptimalkan. JNT memastikan rest area yang berada di Km 65A dan Km 65B di ruas tol MKTT siap melayani pengguna jalan selama libur Natal dan Tahun Baru.

Teddy Rosady menjelaskan, bahwa dalam upaya pencegahan penularan dan penanggulangan Covid-19, di rest area dlakukan pembersihan dan penyemprotan dengan cairan disinfektan secara berkala, serta pemberlakukan beberapa pengaturan di antaranya screening suhu, wajib masker bagi pengunjung dan petugas, serta penambahan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer.

Baca Juga: Jelang libur Nataru, Jasa Marga imbau pengguna jalan patuhi protokol kesehatan

“Kapasitas parkir kendaraan akan kami batasi maksimal 50% saja termasuk himbauan durasi waktu parkir di rest area maksimal 30 menit, serta pemberlakuan parking distancing dan akan terus kami monitoring baik melalui petugas yang piket atau pun melalui kamera CCTV,” tambah Teddy.

Untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan kelancaran pengguna jalan tol JNT juga menjalin kerja sama dengan pihak Kepolisian, TNI dan Dinas Perhubungan serta Perangkat Desa.

“Kami mengimbau kepada pengguna jalan untuk mempersiapkan kondisi kesehatan dan kendaraan, memakai dan jangan melepas masker, mencuci tangan dengan sabun serta physical distancing untuk mencegah penyebaran Covid-19. Untuk informasi lalu lintas dan keluhan dapat dapat menghubungi Contact Service melalui telepon 08116285555 untuk ruas tol MKTT, dan 061-6611701 untuk ruas tol Belmera,” pungkas Teddy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×