kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Ini strategi Tokopedia untuk capai target transaksi 2% dari PDB pada 2020


Senin, 04 November 2019 / 13:11 WIB
Ini strategi Tokopedia untuk capai target transaksi 2% dari PDB pada 2020
ILUSTRASI. CEO Tokopedia William Tanuwijaya


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.Tokopedia menargetkan nilai transaksinya di tahun mendatang terus meningkat atau berkontribusi 2% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.  

CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan, target tersebut meningkat dibandingkan kontribusinya tahun ini yang diperkirakan mencapai 1,5% dari PDB.

“Transaksi tahun ini bisa Rp 222 triliun, disumbangkan oleh  6,6 juta penjual. Ekonomi Indonesia kurang lebih US$ 1 triliun, kalau Rp 222 triliun, US$1,6 miliar, jadi 1,5% ekonomi terjadi di Tokopedia,” ujar William, Senin (4/11). 

William mengatakan, masih ada potensi untuk meningkatkan kontribusi Tokopedia terhadap PDB Indonesia, apalagi potensi sumbangan e-commerce secara keseluruhan terhadap PDB bisa mencapai 4% hingga 5%.

Untuk terus menggenjot kontribusinya terhadap PDB, William menjelaskan akan menyajikan hal-hal yang memang dibutuhkan mitranya, misalnya dengan menyediakan berbagai fasilitas.

“Apa yang mereka butuhkan, Tokopedia fasilitasi. Dulunya dia membutuhkan pemasaran kami fasilitasi, pemodalan sudah difasilitasi. Berikutnya adalah infrastruktur,” ujarnya. 

Ia mengatakan pihaknya akan mbuat program toko cabang atau gudang pintar di seluruh Indonesia, sehingga pengusaha di daerah tertentu bisa mendistribusikan barangnya ke seluruh Indonesia dengan harga dan modal yan relatif rendah, karena bisa menyewa gudang sesuai kebutuhan.

Sebagai informasi,  saat ini Tokopedia memiliki 6,6 juta penjual, dimana 86,5% merupakan pengusaha UMKM baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×