kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Ini teknologi yang dapat ditemui di AMMDes, apa saja fungsinya?


Minggu, 08 September 2019 / 15:26 WIB

Ini teknologi yang dapat ditemui di AMMDes, apa saja fungsinya?
ILUSTRASI. Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. e-AMMDes, Alat Mekanis Multiguna Pedesaan ini tidak hanya dibekali dengan tenaga listrik saja. Namun, sistem keamanannya juga ditingkatkan dengan adanya Smartdashboard. 

Presiden Direktur PT KMWI Reiza Treistanto menyampaikan, e-AMMDes akan dilengkapi dengan aplikasi Smartdashboard. Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk menampilkan aneka informasi kepada orang yang mengoperasikannya. 

"Informasi yang ditampilkan itu antara lain kecepatan, jarak tempuh, status baterai, dan status motor. Smartdashboard juga berfungsi sebagai pengaman e-AMMDes," ujar Reiza, dalam keterangan resminya, di Jakarta, Sabtu (7/9). 

Baca Juga: Harga off the road Esemka Bima cuma Rp 95 juta, tertarik?

Reiza menambahkan, tanpa adanya Smartdashboard terpasang pada kokpit e-AMMDes, mobil listrik tersebut tidak akan dapat dioperasikan. Smartdashboard dibangun dari smartphone, sehingga memiliki fungsi ganda. “Ketika tidak terpasang di e-AMMDes, Smartdashboard akan memiliki fungsi seperti smartphone,” kata Reiza. 

Saat terpasang di e-AMMDes, sebagian fungsi smartphone-nya masih dapat digunakan, seperti internet dan peta, dan disesuaikan pula dengan peraturan berkendara yang berlaku. 

"Smartdashboard dengan dual functions ini juga dapat digunakan untuk penerapan Internet of Things pada e-AMMDes. Beragam fungsi dan sistem dapat ditambahkan pada e-AMMDes dengan Smartdashboard-nya," ujar Reiza. (Donny Dwisatryo Priyantoro)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "AMMDes Listrik Dilengkapi Sistem Keamanan Canggih Berbasis Smartphone"


Sumber : Kompas.com
Editor: Yoyok

Video Pilihan


Close [X]
×