kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah Teknologi Canggih Mobil Listrik BYD, Cek Harga Mobil BYD Seal, Dolphin, Atto


Senin, 26 Februari 2024 / 05:00 WIB
Inilah Teknologi Canggih Mobil Listrik BYD, Cek Harga Mobil BYD Seal, Dolphin, Atto
ILUSTRASI. Inilah Teknologi Canggih Di Mobil Listrik BYD, Cek Harga Mobil BYD Seal, Dolphin


Reporter: Adi Wikanto, Dimas Andi | Editor: Adi Wikanto

Harga Mobil Listrik BYD - Jakarta. Build You Dreams (BYD) menjual mobil listrik di Indonesia dengan keunggulan sejumlah teknologi canggih. Apa saja teknologi canggih di mobil listrik BYD? Lalu berapa harga mobil listrik BYD?

Setidaknya, ada dua inovasi dan teknologi canggih yang menjadi unggulan mobil listrik BYD. Teknologi canggih itu pula yang menjadi mobil listrik BYD mampu bersaing dengan kompetitor.

Dilansir dari Kompas.com, Tatsuya Mikami, Chief Advisor BYD Japan, mengatakan, beberapa inovasi terkini BYD adalah e-platform 3.0 dan 8-in-1 powertrain. Kedua inovasi tersebut sudah disematkan pada ketiga kendaraan listriknya yang sudah diluncurkan di Indonesia, yaitu Dolphin, Atto 3, dan Seal.

"Teknologi revolusioner BYD, yang meliputi teknologi 8-in-1 powertrain dan e-platform, mewakili pencapaian luar biasa dalam dunia otomotif. Dengan mengintegrasikan delapan fitur kunci secara sinergis dalam satu kesatuan, BYD membuka babak baru dalam transformasi industri, mengarahkan kita ke arah mobilitas yang lebih efisien, inovatif, dan berkelanjutan," ujar Mikami, saat acara BYD Tech Auto Talks di booth-nya, belum lama ini.

Mikami mengatakan, mobil listrik BYD memiliki platform yang lebih canggih dan berteknologi tinggi. Dengan keterangan huruf “E” di depan kata platform menunjukkan koneksi elektrik pada platform tersebut, dan menambahkan 3.0 di belakangnya karena terintegrasi dengan blade battery. "e-platform 3.0 memiliki empat keunggulan yang menjaga performa kendaraan listrik BYD secara menyeluruh.

Baca Juga: IIMS 2024 Segera Berakhir, Ini Deretan Diskon & Harga Mobil Listrik Layak Dilirik

Rancangan eksklusif pada bodi e-platform 3.0 menjamin keamanan kendaraan listrik murni karena blade battery dipasang menempel dengan bodinya, sehingga bisa memantau suhu dan menjaga kekuatan bodi," kata Mikami. "Keamanan e-platform 3.0 juga ditunjang dengan estetika bodi mobil yang lebih rendah dan basis roda yang lebih panjang, sehingga membebaskan desain aerodinamis kendaraan dan menjadikan tampilan mobil yang lebih baik," ujarnya.

Mikami menjelaskan, dalam perancangan e-platform 3.0, BYD mengintegrasikan motor, gearbox, inverter, konverter DC/DC, dan komponen penting lainnya ke dalam satu unit, memberikan keuntungan berupa penghematan ruang di bodi mobil. Tatsuya Mikami dari BYD Jepang menjelaskan tentang e-platform 3.0 dan 8-in-1 powertrain pada IIMS 2024

Menurutnya, pendekatan ini tidak hanya mengurangi berat kendaraan dan meningkatkan efisiensi, tetapi juga memaksimalkan ruang kabin untuk kenyamanan pengemudi dan penumpang. "Sebagai suatu sistem, e-platform juga mampu mengatur suhu baterai dengan efektif bahkan dalam kondisi cuaca ekstrem, memperpanjang jangkauan kendaraan, dan meningkatkan kenyamanan, serta meningkatkan integrasi yang kuat antara sistem penggerak, pengereman, dan kemudi untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih responsif," ujar Mikami.

Menariknya, BYD tidak membatasi e-platform ini hanya untuk mobil listriknya. Produsen kendaraan listrik lainnya juga diizinkan untuk menggunakannya, sehingga teknologi BYD bisa dinikmati oleh lebih banyak orang.

Teknologi unggulan lainnya di mobil listrik BYD adalah 8-in-1 powertrain, yang mencakup banyak komponen, seperti Battery Management Systems (BMS), Vehicle Control Unit (VCU), inverter, Power Distribution Unit (PDU), dan On Board Charger (OBC). Semuanya digabung menjadi satu unit, dan gearbox/e-motor dalam unit lain.

Pemisahan komponen dilakukan pada semua perangkat kecuali gearbox dan e-motor. Sistem daya listrik inovatif 8-in-1 mengintegrasikan VCU, serta BMS, PDU, motor penggerak, Motor Control Unit (MCU), Unit, transmisi, dan OBC.

"Integrasi mendalam pada 8-in-1 powertrain BYD memberikan efisiensi sistem sebesar 89 persen, dan mencakup fungsi mengemudi dan pengereman, dengan pengendali domain powertrain canggih untuk respon cepat dan pemanfaatan penuh motor listrik. Pengendali domain kokpit dan pengendali domain bodi BYD sudah dalam tahap produksi massal," ujar Mikami.

Mikami mengatakan, terdapat dua keuntungan 8-in-1 powertrain, mulai dari ukuran yang efisien dengan ruang yang lega sebagai rumah dari komponen-komponen, dan dari segi biaya. Sebab, BYD membuat semua komponen secara in-house, sehingga harga produksi dapat lebih terjangkau dan akan menguntungkan konsumen.

Harga mobil listrik BYD

BYD resmi mengumumkan harga mobil listrik BYD Dolphin senilai Rp 425 juta untuk tipe Premium Extended. Kemudian harga mobil listrik BYD Atto 3 Rp 515 juta untuk tipe Superior.

Selanjutnya, harga mobil listrik BYD Seal Rp 629 juta untuk tipe Premium Variant dan Rp 719 juta untuk tipe Performance Variant.

President Director BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao, tidak menjawab lugas apakah harga mobil listrik BYD di Indonesia sudah dipotong oleh insentif pembebasan pajak impor mobil listrik dan PPnBM atau tidak.

Baca Juga: Harga Mobil Listrik BYD Dolphin Rp 425 Juta, Cek Simulai Kredit & Cicilan Per Bulan

Yang terang, harga mobil listrik BYD ditentukan melalui analisis mendalam dengan menyesuaikan karakteristik konsumen Tanah Air.

BYD juga tidak membeberkan angka pemesanan sementara tiga model mobil listrik barunya di Indonesia. "Kami yakin penjualan BYD akan semakin bertambah setelah pengumuman harga," tukas Zhao saat ditemui KONTAN di IIMS 2024, Kamis (15/2).

Dia menambahkan, pada dasarnya BYD Dolphin, Atto 3, dan Seal menyasar ke segmen pasar yang berbeda-beda. Ketiga model tersebut memiliki peluang setara untuk mencatatkan penjualan yang impresif di Indonesia.

Guna memaksimalkan penjualan, BYD telah membuka 8 showroom yang 5 di antaranya ada di Jabodetabek, sedangkan sisanya ada di Medan, Bandung, dan Semarang. BYD tentu akan terus menambah jaringan showroom ke berbagai wilayah Indonesia pada masa mendatang.

Tidak hanya itu, BYD juga telah menyatakan komitmennya untuk mengembangkan pabrik mobil listrik di Indonesia. “Kami berharap dapat memulai proses groundbreaking dan konstruksi pabrik mobil listrik tahun ini,” tandas Zhao.

Simulasi kredit mobil listrik BYD

Diberitakan Kompas.com,  tersedia dua paket cicilan untuk kredit Dolphin, yakin paket uang muka atau down payment (DP) rendah dan paket cicilan rendah. Dengan harga mobil listrik BYD Dolphin Rp 425 juta, konsumen yang akan beli secara kredit perlu siapkan biaya angsuran per bulan minimal Rp 6 juta.

Berikut simulasi kredit mobil listrik BYD Dolphin:

Skema kredit mobil listrik BYD Dolphin dengan DP murah

Tenor 12

  • Uang Muka Rp 63.750.000
  • Angsuran per Bulan Rp 32.848.000

Tenor 24

  • Uang Muka Rp 63.750.000
  • Angsuran per Bulan Rp 17.615.000

Tenor 36

  • Uang Muka Rp 63.750.000
  • Angsuran per Bulan Rp 12.908.000

Tenor 48

  • Uang Muka Rp 63.750.000
  • Angsuran per Bulan Rp 10.506.000

Tenor 60

  • Uang Muka Rp 63.750.000
  • Angsuran per Bulan Rp 9.355.000

Skema kredit mobil listrik BYD Dolphin dengan cicilan rendah

Tenor 11

  • Uang Muka (1,99 persen) Rp 141.960.000
  • Angsuran per Bulan Rp 27.092.000

Tenor 23

  • Uang Muka (2,59 persen) Rp 137.790.000
  • Angsuran per Bulan Rp 13.970.000

Tenor 35

  • Uang Muka (2,99 persen) Rp 141.690.000
  • Angsuran per Bulan Rp 9.649.000

Tenor 47

  • Uang Muka (3,99 persen) Rp 146.360.000
  • Angsuran per Bulan Rp 7.701.000

Tenor 59

  • Uang Muka (4,59 persen) Rp 152.450.000
  • Angsuran per Bulan Rp 6.532.000

Itulah informasi teknologi canggih di mobil listrik BYD serta harga mobil listrik BYD Dolphin dan simulasi kredit untuk konsumen.

Selanjutnya: Pasar Cipinang Masih Dibanjiri Beras Bulog

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Hari Ini (26/2) Hujan Deras dan Petir di Provinsi Berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×