kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,80   -6,05   -0.68%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Resmi, Ini Harga Mobil BYD, Bandingkan Harga Mobil Listrik Chery Omoda E5


Sabtu, 17 Februari 2024 / 11:18 WIB
Resmi, Ini Harga Mobil BYD, Bandingkan Harga Mobil Listrik Chery Omoda E5


Sumber: GridOto.com,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Harga Mobil BYD - Jakarta. Akhirnya, harga mobil listrik BYD (Build You Dreams) di Indonesia diumumkan. Apakah harga mobil listrik BYD lebih murah dibandingkan Chery Omoda E5 yang sama-sama berasal dari China?

Sesuai yang dijanjikan, pengumuman harga mobil listrik BYD berlangsung di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Dalam pameran otomotif tersebut, BYD memboyong tiga model mobil listriknya yakni BYD Dolphin, BYD Atto 3, dan BYD Seal.

Ketiga model tersebut sebenarnya telah diperkenalkan kepada publik pada pertengahan Januari lalu. Hanya saja, pihak BYD belum mengumumkan harga mobil listrik resminya.

Lalu, berapa harga mobil listrik BYD?

BYD resmi mengumumkan harga mobil listrik BYD Dolphin senilai Rp 425 juta untuk tipe Premium Extended. Kemudian harga mobil listrik BYD Atto 3 Rp 515 juta untuk tipe Superior.

Selanjutnya, harga mobil listrik BYD Seal Rp 629 juta untuk tipe Premium Variant dan Rp 719 juta untuk tipe Performance Variant.

President Director BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao, tidak menjawab lugas apakah harga mobil listrik BYD di Indonesia sudah dipotong oleh insentif pembebasan pajak impor mobil listrik dan PPnBM atau tidak.

Yang terang, harga mobil listrik BYD ditentukan melalui analisis mendalam dengan menyesuaikan karakteristik konsumen Tanah Air.

Baca Juga: Akan Banyak Mobil Listrik Di IIMS 2024, Cek Harga Mobil Listrik Binguo, Ioniq, Omoda

BYD juga tidak membeberkan angka pemesanan sementara tiga model mobil listrik barunya di Indonesia. "Kami yakin penjualan BYD akan semakin bertambah setelah pengumuman harga," tukas Zhao saat ditemui KONTAN di IIMS 2024, Kamis (15/2).

Dia menambahkan, pada dasarnya BYD Dolphin, Atto 3, dan Seal menyasar ke segmen pasar yang berbeda-beda. Ketiga model tersebut memiliki peluang setara untuk mencatatkan penjualan yang impresif di Indonesia.

Guna memaksimalkan penjualan, BYD telah membuka 8 showroom yang 5 di antaranya ada di Jabodetabek, sedangkan sisanya ada di Medan, Bandung, dan Semarang. BYD tentu akan terus menambah jaringan showroom ke berbagai wilayah Indonesia pada masa mendatang.

Tidak hanya itu, BYD juga telah menyatakan komitmennya untuk mengembangkan pabrik mobil listrik di Indonesia. “Kami berharap dapat memulai proses groundbreaking dan konstruksi pabrik mobil listrik tahun ini,” tandas Zhao.

Harga mobil listrik Chery Omoda

Sama-sama berasal dari China, Chery lebih dahulu meluncurkan dan mengumumkan harga mobil listrik Omoda E5.

Dilansir dari Kompas.com, Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia (CSI) Qu Jizong mengumumkan mobil listrik Omoda E5 mampu menempuh jarak hingga 430 kilometer.

Mobil listrik Omoda E5 memakai baterai Lithium Ferro Phospate (LFP) dengan kapasitas 61 kWh. Baterai ini akan menghasilkan tenaga listrik pada roda depan.

Dipercaya tenaga maksimum yang bisa dihasilkan mencapai 204 Hp. Sedangkan daya tempuhnya bisa mencapai 450 kilometer. Dapur pacu tersebut juga dipercaya bisa membuat Chery Omoda E5 mencapai kecepatan 0-100 kpj hanya dalam waktu 7,6 detik.

Selain itu, pengecasan mobil listrik Omoda E5 juga didukung dengan teknologi pengisian daya cepat (fast charging). Dengan daya 110 kW DC, baterai bisa dicas 0-80 persen dalam 30 menit.

Dilansir dari Gridoto, mobil listrik Chery Omoda E5 memiliki dimensi panjang 4.424 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.588 mm. Mobil listrik Chery Omoda E5 ini dipersenjatai motor listrik bertenaga 150 kW atau sekitar 204 dk, dengan torsi puncak 340 Nm.

Motor listrik tersebut dipadukan dengan baterai lithium ion phosphate (LFP) berkapasitas 61,06 Kwh yang diklaim mampu menempuh jarak 430 KM (menggunakan mode pengujian WLTP).  

Dari sisi eksterior, mobil listrik ini dibekali dengan lampu depan LED dengan DRL, selain itu ada juga Sequential Turn Light dan Ambient Light.Selayaknya SUV kekinian, Chery Omoda E5 dibekali dengan sunroof.

Masuk ke bagian interiornya, mobil listrik Chery Omoda E5 memiliki head unit dual touch screen berukuran 24,6 inchi dengan konektivitas Apple Carplay, Android Auto, Bluetooth, dan USB. Tak cuma itu, sistem hiburan ini juga sudah support Intelligent Voice Interactive.

Beralih ke bagian audio, sistem dari SUV listrik ini menggunakan brand Sony yang diklaim memiliki kualitas premium. Pada bagian interiornya juga terdapat fitur wireless charging, serta tiga mode berkendara yakni Eco, Normal dan Sport.

Untuk fitur keselamatannya, mobil listrik Chery Omoda E5 dibekali 6 buah airbags, rem anti-lock braking system (ABS), tire pressure monitoring system (TPMS), dan electric stability control (ESC). Ada juga teknologi kekinian Advanced Driver Assistance System (ADAS), yang di dalamnya terdapat 17 fitur keselamatan.

Terkait harga, mobil listrik Chery Omoda E5 dibanderol Rp 498,8 juta on the road (OTR) DKI Jakarta. Harga mobil listrik Chery Omoda E5 tersebut merupakan angka setelah mendapatkan insentif PPN 10 persen dari Pemerintah.

Namun, untuk 1.000 orang pembeli pertama akan mendapatkan harga mobil listrik Chery Omoda E5 yang spesial yakni Rp 488,8 juta OTR DKI Jakarta.

Itulah perbandingan harga mobil listrik BYD dan Omoda E5. Anda pilih yang mana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×