kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,46   1,15   0.12%
  • EMAS1.343.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mobil Listrik BYD Terlaris Di China 2023 Kalahkan VW, Cek Bocoran Harga Di Indonesia


Rabu, 24 Januari 2024 / 13:19 WIB
Mobil Listrik BYD Terlaris Di China 2023 Kalahkan VW, Cek Bocoran Harga Di Indonesia
ILUSTRASI. Mobil Listrik BYD Terlaris Di China 2023 Kalahkan VW, Cek Bocoran Harga Di Indonesia


Reporter: Adi Wikanto, Dikky Setiawan | Editor: Adi Wikanto

Harga Mobil BYD - Jakarta. Mobil BYD (Build Your Dream) menjadi mobil listrik terlaris di China tahun 2023 mengalahkan Volkswagen AG. Awal tahun 2024 ini, BYD mulai ekspansi ke Indonesia. Berapa harga mobil listrik BYD?

Diberitakan Kontan, laporan Bloomberg Selasa (23/1) menyatakan penjualan mobil listrik BYD di China sepanjang  tahun 2023 sebanyak 2,4 juta unit. Itu sesuai data China Automotive Technology and Research Center (CATRC) atau Pusat Penelitian dan Teknologi Otomotif Tiongkok.

Seiring itu, pangsa pasar mobil listrik BYD di China naik 3,2 basis points jadi 11% pada tahun 2023. "Kenaikan pesat pasar BYD mencerminkan semakin besarnya kepemimpinan merek mobil produksi produsen lokal China," ungkap CATRC.

Hal itu, terutama dalam mengembangkan kendaraan listrik dengan harga terjangkau dan berteknologi tinggi, yang secara cepat mendapatkan penerimaan dari pasar global. 

Bahkan, saat ini, produsen otomotif sekelas Stellantis NV dan VW harus beralih ke pasar China untuk menghidupkan bisnis kendaraan listriknya. Sejak tahun 2008, VW adalah merek terlaris di China.

Di antara lima merek teratas lainnya, Toyota Motor Corp dan Honda Motor Co mengalami penurunan pangsa pangsa dan volume penjualan di China.

Sedangkan pemain domestik China lainnya, yakni Chongqing Changan Automobile Co dapat keuntungan dari kenaikan penjualan, meski pangsa pasarnya tetap datar.

Perubahan peringkat ini jadi pertanda baik bagi BYD dan produsen mobil Tiongkok lainnya memasuki tahun 2024. Terlebih, terus bertumbuhnya penjualan kendaraan listrik dan hybrid di China, yang diperkirakan akan naik 25% jadi 11 juta unit pada tahun ini.

Menurut GlobalData, saat ini penjualan BYD di seluruh dunia telah mencapai 3 juta unit, membuat produsen ini siap untuk masuk dalam peringkat 10 besar penjualan mobil global terbesar di dunia untuk pertama kalinya.

Harga mobil listrik BYD di Indonesia

Diberitakan Kompas.com, produsen mobil listrik asal China BYD resmi masuk pasar Indonesia, pada Kamis (18/1/2024). Dalam kesempatan ini BYD turut melakukan peluncuran tiga produk unggulannya, yakni mobil BYD Seal, mobil BYD Atto 3 dan mobil BYD Dolphin.

Mobil BYD Seal hadir dengan tiga varian di Indonesia, dibedakan berdasarkan jarak tempuh. Ada mobil BYD Seal Dynamic dengan jangkauan hingga 510 Km, mobil BYD Seal Premium dengan jarak tempuh hingga 650 Km, serta mobil BYD Seal Performance yang mampu menempuh jarak 580 km.

Sementara untuk mobil BYD Atto 3 hadir dalam dua varian yakni mobil BYD Atto Standar dengan jangkauan jatak tempuh 410 Km dan mobil BYD Atto Extend yang mampu menempuh jarak 480 Km.

Mobil BYD Dolphin yang juga hadir dengan dua varian, yakni mobil BYD Dolphin Dynamic Standar 410 Km dan mobil BYD Dolphin Premium Extended 490 Km.

Meski harga mobil listrik BYD belum diumumkan, diler BYD di Jakarta sudah membuka keran pemesanan untuk mobil listrik BYD Atto 3, Dolphin dan Seal.  Berdasarkan informasi dari salah satu tenaga penjual mobil listrik BYD. Mobil listrik BYD akan dijual dengan harga yang cukup kompetitif, yakni mulai Rp 450 juta.

“Harganya hanya estimasi ya, karena harga resmi baru rilis 15 Februari 2024," ungkap penjual itu pada Kamis 18 Januari 2024.

Menurutnya, harga mobil listrik BYD Seal sekitar Rp 700 juta. Kemudian harga mobil listrik BYD Atto 3 sekitar Rp 550 juta. Sedangkan harga mobil listrik BYD Dolphin sekitar Rp 450 juta.

Bagi konsumen yang ingin meminang mobil listrik BYD bisa melakukan booking. Untuk Atto 3 dan Dolphin booking fee Rp 10 juta, sedangkan untuk Seal Rp 20 juta. “Pre-booking sudah bisa dilakukan saat ini, pengiriman akan dilakukan mulai akhir Februari atau Maret (2024),” ucap tenaga penjual tersebut.

Sebagai informasi, saat ini BYD sudah memiliki tujuh diler yang siap beroperasi di Indonesia pada Januari 2024. Tak hanya di kawasan Jakarta, diler mobil listrik BYD juga sudah tersedia di kota-kota besar lainnya, seperti Tangerang, Depok, Bandung, Medan.

Hal ini sejalan dengan tujuan BYD yang ingin membangun market kendaraan listrik di Indonesia. “Dalam dua tahun di Indonesia kami optimistis dari pertumbuhan pasar, tidak hanya BYD tapi saya ingin melihat pertumbuhan EV secara nasional,” kata Eagle.

Ke depannya, pabrikan otomotif asal Tiongkok ini memiliki target untuk menyediakan 50 diler mobil listrik BYD hingga akhir 2024.

Berikut lokasi diler mobil listrik BYD yang siap beroperasi pada Januari 2024.

Diler mobil listrik BYD Jakarta

• Jl. Dr. Sahardjo Nomor 246, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan

• Jl. Raya Kalimalang Nomor 38, Duren Sawit, Duren Sawit, Jakarta Timur

• Jl. Danau Sunter Selatan Blok O-IV No. 22, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara

Diler mobil listrik BYD Tangerang

• Kavling Komersial The Park, Kav 17, Jl. BSD Raya Utama, BSD City, Tangerang

Diler mobil listrik BYD Depok

• Jl. Margonda Raya No. 888, Kemirimuka, Beji, Depok

Diler mobil listrik BYD Bandung

• Jl. Soekarno Hatta No. 678, Cipamongkolan, Rancasari, Bandung

Diler mobil listrik BYD Medan

• Jl. T Amir Hamzah, Sei Agul, Medan Barat, Medan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×